XL Axiata Perluas Jangkauan VoLTE ke 224 Kota

  • Bagikan
JARINGAN: Teknisi XL Axiata mengerjakan tower BTS (Base Transceiver Station) yang berdiri di Desa Kenyayan, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (1/7).

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jangkauan area layanan Voice over LTE (VoLTE). Hingga Juni 2021, layanan suara melalui jaringan data berkecepatan tinggi ini dapat dinikmati oleh pelanggan di 224 kota/kabupaten yang tersebar di Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Bali, Lombok, dan Kalimantan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2020, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan ini terus meningkat, begitu pula penetrasi smartphone dengan kemampuan VoLTE bagi pengguna layanan 4G.

“Kami terus memperluas jangkauan layanan VoLTE sejalan dengan rencana pengkondisian jaringan untuk VoLTE yang telah kami lakukan secara bertahap. Untuk bisa menggelar VoLTE di suatu wilayah, kita perlu menyiapkan jaringannya terlebih dahulu,” kata Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa dalam siaran pers kemarin.

Menurut dia, penetapan kota/kabupaten yang menjadi sasaran perluasan layanan VoLTE didasarkan antara lain tingginya permintaan layanan suara, tingginya jumlah perangkat pendukung VoLTE yang tersedia, dan perluasan kota yang kini menikmati layanan XL Axiata VoLTE.

Gede menambahkan, pelanggan yang selama ini aktif menggunakan VoLTE telah mencapai lebih dari 50 persen dari total pelanggan yang telah terdaftar di jaringan VoLTE XL Axiata. Manajemen XL Axiata optimistis layanan VoLTE akan mendapatkan respon yang baik dari pelanggan mengingat keunggulan yang ditawarkan, yakni kualitas suara yang lebih baik, kecepatan koneksi yang lebih cepat, dan layanan video yang berkualitas. Pelanggan juga dapat menikmati layanan VoLTE dan layanan data secara bersamaan.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan suara atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan layanan suara VoLTE menjadi lebih baik dimana kualitas suara menjadi sangat jernih. XL Axiata terus mempersiapkan infrastruktur jaringan di kota/kabupaten berikutnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu mengoptimalkan jaringan secara menyeluruh agar siap sepenuhnya untuk layanan VoLTE. (sebagai)

  • Bagikan