Waspada DBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Ungkap Kasus Tertinggi di Tiga Kabupaten

  • Bagikan
Waspada DBD, Dinkes Kabupaten Tangerang Ungkap Kasus Tertinggi di Tiga Kecamatan

AKSES DISINI.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mengimbau warga untuk bersama-sama mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Memang DBD sudah endemik, artinya penyakit ini akan selalu ada dan terjadi jika tidak dicegah,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, di Tangerang, Rabu 13 Oktober 2021. , dikutip dari Antara.

Pihaknya mencatat, sejak Januari hingga Oktober 2021 terdapat 80 kasus DBD di daerah tersebut. Jumlah kasus tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang sekitar 200 kasus. “Jadi tahun ini mengalami penurunan, karena tahun-tahun sebelumnya kasus DBD bisa mencapai 100 hingga 200 kasus,” ujarnya.

Hendra mengatakan, daerah yang memiliki kasus DBD cukup banyak adalah Kecamatan Panongan, Cisoka, dan Keronjo. “Karena beberapa daerah tersebut memiliki jumlah kasus terbanyak setiap tahunnya,” jelas Hendra.

Selama ini, pihaknya tidak hanya gencar menangani pandemi Covid-19, tetapi juga gencar mengantisipasi penyebaran kasus DBD dengan melibatkan berbagai pihak hingga ke tingkat desa.

“Kami masih berupaya untuk mencegah DBD ini, dengan selalu mensosialisasikannya kepada masyarakat melalui Puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, seperti dengan membersihkan saluran air, menutup tempat penampungan air, dan membersihkan kamar mandi.

“Protokol kesehatan tetap harus kita terapkan karena penting dalam pencegahan segala virus dan penyakit,” kata Hendra.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: