Warga Tanjungpinang Demam Setelah Divaksin AstraZeneca, Kadis: Tak Apa-apa

oleh -0 views

AKSES DISINISejumlah warga di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang disuntik vaksin AstraZeneca untuk mencegah penularan Covid-19 mengalami demam selama beberapa jam.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Nugraheni, mengaku banyak warga yang mengeluhkan demam usai disuntik vaksin AstraZeneca.

Menurutnya, demam merupakan reaksi dari tubuh yang seharusnya tidak menimbulkan penyakit lain. Demam disebabkan oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang menerima vaksin.

“Seharusnya tidak apa-apa, demam biasa saja beberapa jam, lalu sembuh atau normal kembali,” ujarnya di Tanjungpinang, Selasa (6/4/2021).

Baca juga:
Cegah Covid-19, Pengungsi Banjir NTT Dapatkan Rp 500.000 untuk Sewa Rumah

Nugraheni mengatakan banyak warga juga tidak mengalami reaksi seperti demam setelah disuntik vaksin.

Artinya tubuh bereaksi berbeda. Sejauh ini dari pengalaman kami selama ini tidak ada masalah, ujarnya.

Ia mengatakan, sebagian besar warga yang disuntik vaksin Sinovac hanya mengalami kantuk dan kelaparan. Ada juga warga yang tidak mengalami reaksi apapun setelah disuntik vaksin.

“Tapi saya demam beberapa jam setelah disuntik vaksin Sinovac,” katanya.

Putra, warga KM 8, mengeluh panas setelah disuntik vaksin Astra Zeneca. Begitu juga warga lainnya yang bermukim di KM 9, Bismar dan Afrizal.

Baca juga:
Selama dilapisi dan digunakan dengan benar, masker bisa melindungi hingga 96 persen

“Kalau demam tinggi, semua persendian saya sakit, tapi hanya beberapa jam, baru sembuh lagi,” kata Wira, warga KM 10.

Sejumlah warga Tanjungpinang yang bekerja di kantor Bawaslu Bintan juga terpaksa keluar dari kantor karena demam usai disuntik vaksin AstraZeneca.

“Ya, pekan lalu sejumlah staf mengeluh demam setelah disuntik vaksin,” kata anggota Bawaslu Bintan Febriadinata. (Antara)