Warga RT 03 semakin kompak

  • Bagikan

SERANG-Kekompakan warga di Kelurahan Rau Timur, RT 03, RW 021, Desa Cimuncang, Kabupaten Serang semakin kuat. Menjelang penilaian tahap pertama Serang Lan Safe Contest (LRLA) 2021, warga pun semakin giat melakukan gotong royong.

Di pemukiman yang terletak persis di belakang Pasar Induk Rau (PIR), warga harus bekerja keras mengubah lingkungan kumuh menjadi bersih dan asri.

Di sekitar pos ronda dibuat seperti taman, penuh dengan bunga dan dipagari bambu. Warga dan pemuda setempat berhasil mengubah lingkungan menjadi tempat yang asri.

Di dalam lingkungan, gotong royong dibagi menjadi dua kelompok. Yakni, kelompok putra yang bertugas membersihkan selokan dari sampah plastik dan kelompok pemuda yang bertugas mewarnai jalan paving block. “Ada satu kelompok lagi yang bertugas membuat saung,” kata Ketua RW 021 Junaedi kepada AKSES DISINI, Rabu (21/7).

Junaedi menegaskan, keterlambatan penilaian tahap pertama karena PPKM Darurat tidak menyurutkan warga untuk gotong royong. Selain menginginkan lingkungan yang asri, kegiatan gotong royong juga menjadi pengganti olahraga agar badan berkeringat. “Ini menjadi lebih kompak,” katanya.

Kekompakan warga, kata Junaedi, tidak hanya terkait dengan penataan fisik lingkungan, tetapi juga kebutuhan anggaran untuk membeli penataan tersebut. “Biayanya lancar Betulkah, jadi tidak pernah ada kekurangan bahan,” kata Junaedi.

Kepala Desa Cimuncang Bastari mengaku bangga dengan semakin meningkatnya kekompakan warga. Ia mengaku rutin mengontrol setiap malam agar semangat dan motivasi warga terus tumbuh untuk menjaga keindahan dan keamanan lingkungannya. “Saya optimis, RT 03 bisa menang,” pungkasnya. (drp/nda)

  • Bagikan