Walikota Tangsel Benjamin Jadi Penerima Pertama Vaksin Booster

  • Bagikan
1642017307 Walikota Tangsel Benjamin Jadi Penerima Pertama Vaksin Booster

AKSES DISINI.com-Vaksinasi booster di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah dimulai. Penyuntikan vaksin tahap ketiga dilakukan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel, Rabu, 12 Januari 2022.

Awalnya, Walikota Tangsel Benjamin Davnie adalah orang pertama yang menerima program vaksinasi booster.

“Alhamdulillah sudah saya terima. Saya yakin (akan digenjot), mudah-mudahan tidak ada KIPI yang signifikan,” kata Benjamin usai menerima vaksin.

Setelah Benjamin, program vaksinasi langsung dilanjutkan untuk masyarakat umum. Namun dalam pelaksanaan awal ini, vaksinasi booster akan diprioritaskan untuk orang lanjut usia (lansia).

“Prioritas utama dalam vaksinasi booster ini adalah kelompok usia lanjut. Kemudian kelompok usia 18 tahun ke atas,” kata Benjamin.

Pada tahap awal ini, akan ada lebih dari 100.000 lansia yang ditargetkan mendapat vaksinasi booster.

Untuk mendapatkannya, masyarakat hanya perlu datang ke sejumlah fasilitas kesehatan yang telah disediakan, seperti RSUD di Pamulang, Serpong Utara, Pondok Aren, atau Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar menjelaskan, berdasarkan data, ada 107.439 orang yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster.

“Targetnya terdiri dari kelompok lansia sebanyak 29.805 orang dan usia di atas 18 tahun sebanyak 77.634 orang,” kata Allin.

Allin mengatakan, jika ada masyarakat yang masuk dalam kelompok usia prioritas, namun belum terdaftar, bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat.

“Dengan membawa KTP dan bukti vaksinasi dosis 1 dan 2. Pastikan untuk tidak menggunakan NIK dan nomor HP orang lain saat mendaftar vaksinasi booster. Hal ini untuk menghindari masalah administrasi di kemudian hari,” jelas Allin.

Vaksin booster ini diberikan secara gratis kepada semua orang yang termasuk dalam kelompok usia prioritas. Namun, penerima harus telah menerima vaksin dosis kedua setidaknya 6 bulan sebelumnya.

“Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah lansia (lansia) dan pasien immunocompromised,” kata Allin.

Sedangkan jenis vaksin yang diberikan akan ditentukan oleh tenaga kesehatan. Penentuannya didasarkan pada riwayat vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Dan sesuai dengan ketersediaan vaksin di titik-titik pelayanan. Untuk Kota Tangerang Selatan, vaksin Pfizer dan Astrazeneca saat ini sudah tersedia,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan