Walikota Bekasi Buka Kegiatan Verifikasi Penilaian APE Tahun 2020

oleh -0 views
AKSES DISINI, BEKASI – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bekasi menggelar kegiatan verifikasi asesmen Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 di Media Center Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi memberikan sambutan melalui video virtual yang dihadiri oleh tim verifikasi APE 2020 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Di Media Center, Walikota Bekasi mendampingi Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto dan Ketua DP3A Kota Bekasi Makbullah.

Walikota Bekasi mengemukakan inspirasi makna yang terkandung dalam kata Parahita yaitu memperhatikan dan menjaga kesejahteraan sesama, sedangkan makna dalam Ekapraya adalah kebersamaan antara perempuan dan laki-laki termasuk memperhatikan kelompok berkebutuhan khusus berbasis perempuan dan laki-laki. pada kelas sosial ekonomi, kerentanan. , disabilitas dan lain-lain.

Parahita dan Ekapraya telah diintegrasikan dalam rumusan visi pembangunan Kota Bekasi tahun 2018-2023, dan juga terintegrasi dalam lima misi pembangunan Kota Bekasi yaitu tata pemerintahan yang baik, sarana dan prasarana kota yang maju dan memadai, ekonomi yang berdaya saing. , kualitas hidup masyarakat dan kehidupan perkotaan yang aman, cerdas dan nyaman.

Walikota menjelaskan ada 3 kegiatan inovatif di tahun 2020 yang mendapat apresiasi tinggi dari Kemendagri yaitu;

1. Forum Anak Kota Bekasi (FORAKSI)

2. Telepon Teman Wanita dan Anak-anak, dan

3. Kecamatan Patriot Ramah Anak (Kecala).

Ketiga kegiatan tersebut menyumbang skor 591 poin.

Bersama dengan kegiatan inovatif aparatur daerah lainnya, Kota Bekasi meraih skor indeks 4,669, sehingga Kemendagri menetapkan Kota Bekasi menempati peringkat sepuluh kota terinovatif di Indonesia tahun 2020.

Walikota juga memaparkan 3 kegiatan pembangunan penting di Kota Bekasi yang sejalan dengan kelompok kebutuhan khusus perempuan dan laki-laki yaitu Sekolah Disabilitas Kota Bekasi, Shelter Kota Bekasi dan fasilitas di Mal Layanan Umum yang memperhatikan ketersediaan ruang dan pelayanan laktasi. fasilitas untuk usia rentan.

“Saya juga mengapresiasi pemindahan Kota Bekasi dan DP3A Jabar yang telah membantu warga dengan berbagi beras kemasan dan menimbun sembako untuk ketahanan ekonomi keluarga yang rentan, selama masa pandemi,” kata Rahmat Effendi.

Dijelaskannya, semoga penilaian dari tim verifikasi Kota Bekasi dapat meraih penghargaan lain seperti tahun 2016 dan 2018 dengan penghargaan Parahita Ekapraya sebagai predikat utama dan semoga kinerja ini dapat meningkatkan kinerja pembangunan responsif gender di Kota Bekasi. (Iwan)