Vaksinasi Dosis Ketiga Tidak Wajib

  • Bagikan
Vaksinasi Dosis Ketiga Tidak Wajib

AKSES DISINI.com–Pemerintah telah memulai program vaksinasi dosis ketiga (penguat) gratis. Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, menyatakan vaksinasi booster untuk meningkatkan perlindungan individu dari risiko penularan varian baru Covid-19 tidak wajib.

“Ini (booster) tidak wajib, artinya vaksinasi tambahan diberikan untuk meningkatkan perlindungan dari individu karena melihat varian baru juga,” kata Nadia saat tampil virtual di Instagram Liputan6.SCTV, Kamis 13 Januari 2022.

Menurut Nadia, saat ini ada informasi penurunan efikasi vaksin secara alami, sehingga pemerintah memutuskan untuk memberikan dan menyediakan vaksin booster.

Kebijakan pemerintah untuk membuat vaksin dosis ketiga gratis adalah untuk memastikan masyarakat dapat mengakses layanan sehingga upaya penanggulangan pandemi Covid-19 dapat diselesaikan dengan baik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa dosis ketiga vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia dimulai pada 12 Januari.

“Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melakukan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi kelompok lanjut usia dan rentan,” kata Jokowi dalam siaran video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Januari 2022.

Menurutnya, dosis vaksin booster penting untuk meningkatkan imunitas masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi. Syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima telah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan