TNI AL Gelar Rakernisbek, Upaya Tingkatkan Supply Management – AKSES DISINI

oleh -10 views

AKSES DISINI, JAKARTA – Dinas Pembekalan Angkatan Laut (Disbekal) mengadakan Rapat Kerja Teknis Bidang Pengarahan (Rakernisbek) Tahun Anggaran 2021 dalam rangka peningkatan pengelolaan dukungan perbekalan yang dibuka oleh Asisten Logistik (Aslog) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, SE, MM bertempat di Gedung Neptunus Mabes Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (7/6).

Tema kegiatan ini adalah “Melalui Rakernisbek kita meningkatkan dukungan tepat jenis, tepat jumlah, tepat waktu, tepat tempat dan tepat kualitas guna menunjang tugas pokok TNI AL dalam rangka mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

Kegiatan Rakernisbek yang dipimpin Kadisbekal Laksamana Satu TNI Eko Purwanto, SE, MAP, CFr.A. Acara ini diikuti 33 peserta tatap muka dan 70 peserta secara online (virtual) dengan tujuan menyelaraskan visi, persepsi dan interpretasi arah kebijakan di bidang penyediaan teknis TA. 2021. sehingga diharapkan dari kegiatan Omini akan diperoleh kesatuan pola pikir, pola sikap dan pola tindakan sebagai komunitas logistik TNI AL yang akan memudahkan dan memperlancar pelaksanaan tugas yang diberikan untuk memperoleh hasil yang optimal.

Aslog Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa peningkatan sistem tata kelola yang baik merupakan komponen penting dalam meningkatkan penyediaan layanan pendukung sehingga pengembangan sektor logistik terintegrasi, termasuk sektor pasokan, harus dilakukan secara terencana dan tepat sasaran. “Untuk pelaksanaan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan unit dilakukan secara tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, dan tepat sasaran, sehingga unit-unit pendukung dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya. .

Aslog Kasal menambahkan, sebagai bagian dari pengembangan dukungan logistik TNI AL, sistem pembekalan memiliki fungsi utama dan fungsi pendukung. fungsi utama meliputi; penetapan kebutuhan, penelitian dan pengembangan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian dan pemeliharaan serta eliminasi. Sedangkan fungsi penunjangnya adalah; pengendalian persediaan, standarisasi, katalogisasi, sistem informasi, administrasi perbendaharaan dan mobilisasi demobilisasi. Kedua fungsi tersebut merupakan rangkaian dalam supply chain management dengan tujuan untuk memastikan sistem pendukung yang kuat dengan memberikan pelayanan barang publik kepada unit pengguna secara langsung.

Dalam Rakernisbek ini disampaikan beberapa materi antara lain pemberian bantuan cairan dan perbekalan teknis serta SIMAK BMN yang dijelaskan oleh Kasubdisbekcatek Disbekal Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi Arifin, S.Ap., Dukungan pengelolaan alat kesehatan dan materi kesehatan dalam penanganan Covid-19 19 di TNI Angkatan Laut, yang dijelaskan Kasubdismatkes Diskesal Kolonel Marinir (K) Drs. Adrianto S. Hariadi, Apt., M.Si., Pengarahan di bidang Kapolri, alat satri dan makanan dijelaskan oleh Kasubbag Pencairan dan Kesanggupan Disbekal, Kolonel Nanang Permadi, SE, dan pembekalan pengendalian, pembagian dan pemindahan dijelaskan oleh Kasubbag Dalinven Disbekal Kolonel Laut (S) Adhik Indaryono, SE

Turut hadir Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI, Rachmat Hartoyo, S.Sos., MM, CHRMP., Sekretariat Diknas tentang masalah logistik di lingkungan Mabes. (memiliki)