Tingkatkan Peluang Bisnis Toko Bayi dengan Tips Ini! Akses Disini

oleh -1 views


Peluang bisnis baby shop – Siapa bilang peluang bisnis baby shop tidak ada harapan di era normal baru? Padahal, kebutuhan akan produk perlengkapan bayi masih ada hingga saat ini.

Meski begitu, tetap dibutuhkan strategi yang tepat dalam membangun bisnis baby shop. Menjalankan bisnis baby shop juga akan menguntungkan jika bisnis tersebut dikelola dengan baik. Belum lagi jika Anda pandai memasarkan dan memiliki banyak pasokan barang berkualitas maka Anda akan mampu menjalankan bisnis dengan cukup baik.

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan peluang bisnis baby shop? Simak tips berikut ini!

Peluang bisnis baby shop bertambah jika produknya semakin lengkap

perbanyak variasi produk, ukuran dan warna
Sumber: Jordan Nix di Unsplash

Variasi produk ternyata cukup berpengaruh dalam bisnis baby shop yang Anda jalankan. Pasalnya, dalam memilih produk perawatan bayi, kemungkinan besar orang tua tidak hanya membeli satu jenis produk saja. Mereka cenderung suka membeli produk dengan fungsi yang berbeda-beda untuk melengkapi perlengkapan bayi di rumah.

Untuk itu, cari tahu lebih lanjut tentang produk yang paling dibutuhkan oleh calon pelanggan. Anda dapat mengunjungi toko perawatan bayi lainnya dan mencari tahu produk apa yang lebih banyak stoknya. Sebab, dengan kata lain, pembelian dalam kategori produk tersebut bisa jadi cukup tinggi.

Berbagai produk yang tidak hanya fokus pada pakaian bayi dapat Anda stok, tetapi juga menyediakan kebutuhan lain seperti pakaian, mainan, furniture, dan barang-barang lain yang dibutuhkan oleh anak dan orang tua. Bahkan, Anda juga bisa menyediakan produk baju hamil agar bisa menyasar berbagai target usia.

Ikuti trend dan selera terkini untuk mengembangkan peluang bisnis baby shop

Tentunya Anda sudah memiliki target pasar tertentu, jadi pastikan Anda juga memahami karakteristik pasar tersebut. Baik mulai dari daya beli, gaya hidup, hingga selera fashion mereka. Sebab, ini sangat penting untuk menentukan branding bisnis produk bayi Anda dan menentukan jenis produk apa yang dijual nantinya.

Meski untuk bayi, nyatanya produk perawatan bayi juga semakin beragam. Ini didorong oleh kebutuhan dan inovasi saat ini.

Anda bisa mulai menyediakan berbagai produk seperti alat makan berbahan silikon anti jatuh, bangku makan, alat pelindung diri normal baru untuk bayi, dan produk bayi lainnya yang semakin inovatif. Dengan begitu, toko Anda akan lebih menonjol dibandingkan toko lain.

Jangan meremehkan proses Anda saat menjual produk

Dalam meluncurkan produk bisnis Anda, Anda dapat memanfaatkan berbagai platform mulai dari beberapa marketplace, atau media sosial seperti Instagram, Whatsapp, dan Facebook. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa detail dalam menjual produk mulai dari foto, deskripsi, hingga promosi.

Jika tidak memiliki peralatan canggih untuk memotret produk, Anda bisa memanfaatkan foto luar ruangan di bawah sinar matahari. Karena yang terpenting adalah foto produk dapat terlihat jelas bagi calon konsumen.

Selain itu, uraikan produk secara detail dan lengkap. Lengkapi uraian secara detail mengenai bahan produk, ukuran, warna, pola yang tersedia, hingga keselamatan dan kesehatan penggunaan produk. Anda juga dapat memasukkan perkiraan panjang dan berat bayi untuk setiap produk. Hal ini cukup penting, karena dengan menyertakan uraian yang lengkap dapat mengurangi risiko keluhan dari pembeli terkait ketidaksesuaian produk.

Jangan lupa dukung dengan promosi baik offline maupun online. Jadi, Anda bisa memiliki peluang lebih besar untuk sukses.

Perkuat hubungan dengan pelanggan dengan memperbanyak umpan balik

Berikan respon yang baik kepada pelanggan
Sumber: Blake Wisz di Unsplash

Setelah menyelesaikan transaksi atau mengirimkan barang ke konsumen, sebaiknya Anda tidak meninggalkannya begitu saja. Usahakan untuk mempererat hubungan dengan konsumen agar lebih puas dan mau membeli produk Anda lagi.

Anda bisa meminta pembeli untuk memberikan review atau review produk Anda melalui media sosial atau marketplace tempat mereka membeli produk tersebut. Anda juga bisa memberikan tanggapan berupa rating dan komentar pada review pembeli.

Berikan penilaian positif dan terima kasih kepada pembeli yang telah berhasil bertransaksi di toko Anda. Dengan memberikan respon yang positif maka akan tercipta hubungan yang baik antara Anda dengan konsumen. Tentunya hal tersebut juga berpengaruh pada bisnis baby shop Anda.

Itulah tips untuk meningkatkan peluang bisnis baby shop bagi Anda yang menjalaninya. Jangan panik, karena meski dalam keadaan normal baru, Anda bisa memanfaatkan berbagai celah untuk menambah peluang bisnis. Jangan lupa baca juga artikel Mebiso lainnya!

Sumber gambar: Jomjakkapat Parrueng di Unsplash

Baca juga: