Tiga Alasan Hakim Tegas Menolak Eksepsi Habib Rizieq di Kasus Petamburan

oleh -0 views

AKSES DISINI – Majelis hakim menolak keberatan atau eksepsi Habib Rizieq Shihab atas kasus keramaian di Petamburan dan Megamendung. Ada sejumlah alasan majelis hakim menolak eksepsi mantan pimpinan FPI itu.

Alasan majelis hakim antara lain, dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dianggap sesuai dengan ketentuan KUHAP.

Surat dakwaan jaksa penuntut umum sudah memenuhi ketentuan Pasal 143 ayat 2 KUHAP, kata Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Dalam peraturan tersebut, muatan utama berisi bahwa dakwaan Jaksa Penuntut Umum memuat nama lengkap, tempat lahir, umur atau tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, tempat tinggal, agama, dan pekerjaan terdakwa.

Baca juga:
Ingatkan Juri, HRS camp: Kaki Hakim adalah Setengah di Surga dan Setengah di Neraka

Alasan kedua, telah diuraikan secara cermat, jelas dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menyebutkan waktu dan tempat terjadinya tindak pidana tersebut.

Kemudian alasan ketiga adalah sejumlah poin dalam nota keberatan dianggap sudah masuk materi pokok atau tidak sesuai dengan Pasal 156 ayat 1 KUHP.

“Alur perkara sudah masuk dalam pokok perkara. Kepolisian atau kejaksaan yang menutup mata terhadap peristiwa lain, seperti eksepsi terdakwa, tidak termasuk dalam ruang lingkup keberatan sebagaimana dimaksud. di Pasal 156 ayat 1 KUHAP, jadi harus dikesampingkan, ‚ÄĚkata hakim.

Hakim kemudian memerintahkan jaksa penuntut umum menyiapkan saksi karena persidangan akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi. Sidang akan dilanjutkan minggu depan Senin (12/4/2021).

Baca juga:
Eksepsi Habib Rizieq Ditolak, Politisi PKB: Hakim Harus Siap Sumpah