Tekan Penularan Covid-19, Pemkab Lebak Terapkan PPKM Level 3 | AksesDisini.com | Banten Hari ini

  • Bagikan

LEBAK – Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak, Budi Santoso bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lebak menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Perpanjangan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali secara online di Lebak Pusat Data.

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang juga Koordinator PPKM darurat, dan dihadiri oleh beberapa menteri terkait serta Forkorpimda Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Rapat tersebut digelar untuk menindaklanjuti perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM hingga 25 Juli 2021 yang disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Kebijakan ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut dijelaskan pentingnya upaya antisipasi pasca perayaan Idul Adha, dimana masih banyak masyarakat di berbagai daerah yang masih melaksanakan salat Idul Adha berjamaah di tempat-tempat ibadah di berbagai daerah tanpa mengindahkan kesehatan. protokol.

Untuk itu, melalui perpanjangan PPKM perlu dilakukan antisipasi program untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19, salah satunya melalui Upaya 3T atau tindakan pelaksanaan tes COVID-19 ( testing), tracing kontak dekat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pasien COVID-19. pengobatan) merupakan salah satu upaya utama untuk menangani COVID-19.

Sementara itu, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan sebagai tanggapan atas perpanjangan PPKM ini, dijelaskan ada sejumlah Untuk wilayah Jawa Bali yang risiko penularan Covid-19 berada pada level 3 dan 4, wilayah tersebut wajib menerapkan kembali sejumlah peraturan perpanjangan PPKM Darurat hingga 25 Juli mendatang.

Lebak sendiri saat ini berada pada level 3 dimana terdapat 10-30 jiwa per 100 ribu penduduk dalam sepekan terakhir yang dirawat di rumah sakit. Kemudian, 2-5 kasus kematian per 100.000 penduduk, dan 50 hingga 150 kasus aktif per 100.000 penduduk dalam rentang waktu dua minggu.

(Merah)

  • Bagikan