Tangan Kreatif Warga Lebak Ini Ubah Bambu Jadi Barang Bernilai Tinggi | AksesDisini.com -Banten Hari ini

  • Bagikan

LEBAK – Tangan kreatif Aliyudin, warga Kampung Sentral, Desa Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, berhasil mengubah bambu menjadi barang yang lebih berharga. Bahkan Aliyudin berhasil membuat Galeri Kerajinan Bambu di sekitar kediamannya.

Aliyudin berhasil mengembangkan kerajinan dari bambu dengan membuat miniatur Leit Baduy, perahu, masjid, becak dan lain-lain. Ilmunya didapat dari YouTube.

Material yang digunakan adalah limbah bambu yang tersebar luas di kawasan Rangkasbitung dan sekitarnya.

“Banyak pohon bambu yang tidak terpakai, itu yang saya manfaatkan bagaimana pohon bambu ini bisa bermanfaat,” ujarnya saat di Galeri Kerajinan, Jumat (10/9/2021).

Di Tangan Aliyudib Bambu Jadi Kerajinan Menarik (Foto Andi/AksesDisini.com)

Di masa pandemi seperti ini, bagi Aliyudin kegiatan kerajinan yang dibuatnya menjadi salah satu alternatif untuk menambah penghasilan. Bahkan waktu luangnya bisa lebih bermanfaat.

“Jadi itu terjadi ketika di rumah ada yang tertarik membeli satu atau dua kerajinan. Jadi tidak apa-apa,” katanya.

Miniatur kerajinan bambu dibuat dengan mengadopsi hal-hal yang antik dan bersejarah, seperti miniatur kereta api tua dan becak tua. Hal ini dilakukan agar generasi muda masa depan dapat mengingat dan melihat benda-benda bersejarah.

Selain membuatnya di rumah dan dijual, Aliyudin juga melatih anak-anak di daerah tersebut untuk mengembangkan kerajinan dari bambu.

Aliyudin merakit bilah bambu menjadi kerajinan (Foto Andi/AksesDisini.com)

“Saya juga mengajar anak-anak sekolah. Karena belajar kerajinan, cara belajar yang rajin dan akan mempengaruhi kepribadian anak,” pungkasnya.

Kerajinan tangan buatan Aliyudin dijual dengan harga bervariasi mulai dari yang paling murah Rp. 50 ribu menjadi Rp. 200 ribu. Hingga saat ini banyak peminatnya, terutama dengan Miniatur Leit Baduy yang menjadi ikon Kabupaten Lebak.

(Mg-Dan/Merah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan