Tak Punya Stok AstraZeneca, Pemkab Tangerang Pakai Pfizer untuk Vaksin Ketiga

  • Bagikan
Tak Punya Stok AstraZeneca, Pemkab Tangerang Pakai Pfizer untuk Vaksin Ketiga

AKSES DISINI.comPemerintah Kabupaten Tangerang saat ini tengah menyiapkan 80.000 dosis vaksin Covid-19 jenis Pfizer untuk vaksinasi ketiga atau booster. Vaksin booster akan diberikan kepada lansia pada Kamis, 13 Januari 2022.

“Vaksin Pfizer akan kami pakai, karena AstraZeneca stok kami tidak ada. Untuk saat ini kami sudah minta ke Pemprov Banten 80.000 dosis,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi di Tangerang, Rabu, Januari. 12, 2022, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Hendra, vaksin jenis Pfizer buatan Amerika Serikat tersebut telah didistribusikan oleh Pemprov Banten sebagai dosis vaksinasi booster antibodi di Kabupaten Tangerang.

Hendra mengatakan penggunaan atau kombinasi merek vaksin yang berbeda dari dosis pertama dan kedua antara Sinovac-Pfizer tidak akan menjadi masalah. Bahkan, kata dia, direkomendasikan langsung oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Tidak masalah, malah direkomendasikan untuk jenis vaksin yang berbeda. Padahal, Pfizer lebih aman untuk lansia,” kata Hendra.

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Tangerang sendiri, pelaksanaan vaksinasi dosis booster secara bertahap akan menyasar sebanyak 27 ribu orang lanjut usia. “Besok kita lakukan di 5 kecamatan, yakni Kecamatan Balaraja, Tigaraksa, Cikupa, Pasar Kemis dan Panongan,” ujarnya.

Selanjutnya, setelah kelompok lansia selesai, Pemkab Tangerang juga akan memprioritaskan pegawai negeri sipil, TNI/Polri, tokoh agama dan ulama sebagai sasaran vaksinasi penambah antibodi. “Jadi kita lakukan secara bertahap, mulai dari pagi hingga sore hari untuk implementasi vaksin booster ini,” kata Hendra.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan