Strategi Memulai Bisnis Minuman Kontemporer

  • Bagikan
Strategi Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis kuliner masih menjadi pilihan favorit masyarakat saat memulai bisnis sendiri. Hal ini terlihat dari banyaknya merek-merek baru di lini bisnis makanan atau minuman saat ini. Mulai dari tren makanan pedas, makanan olahan keju, makanan olahan ayam, hingga jajanan gorengan.

Hal yang sama terjadi pada jenis minuman kekinian yang semakin bervariasi. Sebut saja es kopi, thai tea, boba, mango thai, hingga gaya tradisional namun tetap dikemas dalam gaya bisnis minuman kekinian seperti cincau dan cendol. Harga yang ditawarkan para pelaku bisnis minuman saat ini juga berada di level murah hingga menengah, yaitu dari kisaran Rp 5 ribu – Rp 50 ribu.

Memulai Bisnis Minuman Kontemporer

Mengapa bisnis kuliner seperti bisnis minuman kekinian masih menjadi pilihan para pelaku bisnis? Jawabannya karena kuliner itu sendiri. Kuliner, baik itu makanan maupun minuman, merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Jadi pada dasarnya orang memang butuh makan dan minum, ditambah lagi dengan kegemaran masyarakat Indonesia pada umumnya yaitu mengkonsumsi makanan ringan. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis yang potensial.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis minuman kekinian, tidak ada salahnya untuk mencoba. Namun sebelum memulai, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut tips mudah memulai bisnis minuman kekinian yang dikutip dari cimbniaga lama:

Gunakan Bahan Berkualitas

Inovasi memang menjadi hal yang penting dalam memulai bisnis yang berkualitas. Namun jangan lupa bahwa pemilihan bahan baku juga menjadi hal yang utama. Bahan baku yang baik akan berdampak pada kualitas produk minuman yang Anda hasilkan. Karena itu penting bagi Anda yang menjalankan bisnis minuman saat ini untuk melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya ketika Anda ingin memulai bisnis minuman kopi, perhatikan jenis kopi yang Anda pilih, pilih yang berkualitas dan sesuaikan dengan ketersediaan budget yang Anda miliki. Kemudian cocokkan dengan kombinasi seperti susu. Cek jenis susu apa yang paling cocok sebagai bahan campuran kopi Anda. Begitu juga teh. Pilih bahan dasar yang berkualitas untuk topping tambahan.

Inovasi dan Variasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Saat menjalankan bisnis minuman kekinian, Anda harus berani berinovasi dengan menghadirkan berbagai pilihan menu minuman Anda. Lihat apa saja keunggulan produk minuman Anda saat ini. Bisnis minuman kekinian memiliki banyak pelaku usaha. Karena akan sulit bagi Anda untuk bertahan jika tidak memiliki inovasi.

Meski sama-sama terlibat dalam jenis produk yang sama, seperti bubble tea, produk yang Anda jual sebaiknya ditambahi kombinasi yang memang merupakan hasil resep Anda sendiri. Misalnya tambahan topping unik atau kombinasi buah dan lain-lain. Variasi ini akan membuat produk Anda berbeda dari pelaku bisnis minuman kekinian lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: