Silaing Bawah di Rencanakan Jadi Rintisan Kelurahan Sadar Kerukunan

oleh -0 views

AKSES DISINI, PADANGPANJANG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang Panjang yang diketuai H. Sehabuddin, SH, M.Pd mengunjungi Walikota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Balaikota, Selasa (6/3). / 21).

Tim yang diterima langsung oleh Walikota Padang Panjang menyampaikan aspirasinya terkait keinginan menjadikan Desa Silaing Bawah sebagai Desa Perintis Kesadaran Harmoni.

Fadly Amran sangat mendukung kegiatan yang digagas FKUB dan akan mencanangkannya.

“Dengan adanya Perintisan Kecamatan Sadar Kerukunan, ini menunjukkan Padang Panjang sebagai kota yang toleran, yang menjunjung tinggi perbedaan.” dia berkata

Fadly menambahkan, kegiatan ini membuktikan bahwa Padang Panjang adalah masyarakat yang rukun dengan keberagamannya.

Sementara itu, Ketua FKUB H. Sehabuddin menjelaskan, Kelurahan Sadar Kerukunan merupakan program pemerintah pusat. Dalam SKB Nomor 8 Tahun 2006 dan 2021, lebih diintensifkan untuk masing-masing provinsi, kabupaten dan kota untuk memilikinya.

“Sudah sepatutnya desa harus mewaspadai kerukunan, kalau di kota itu satu kecamatan. Di Padangpanjang nanti di Desa Silaing Bawah,” ujarnya.

Sehabudin menjelaskan alasan penunjukan Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat sebagai RKSK, karena masyarakatnya yang heterogen.

“Kriterianya ada lebih dari satu agama, sehingga bisa dijadikan sebagai Kecamatan Rintisan untuk mewaspadai kerukunan antar umat beragama, dan masyarakat juga saling menjaga dan bertoleransi,” ujarnya.

Sehabuddin berharap dengan adanya Rintisan Kesadaran Desa (RKSK) semakin meningkatkan kerukunan di masyarakat.

“Kami targetkan tiga kelurahan lagi menjadi RKSK dalam lima tahun ke depan, yakni Koto Panjang, Kampung Manggis dan Ganting. Semoga ini menjadi proyek bagi kami dan juga bisa menjadi model bagi Sumbar,” pungkasnya.