Selalu Patuhi Akhlak, Berani Laporkan Panitera Nakal – aksesdisini.com

  • Bagikan
Selalu Berpegang pada Moral, Berani Laporkan Panitera Nakal

MUJI KARTIKA RAHAYU, SH, M.FIL. Pengacara untuk Pembelaan Kaum Tertindas

Pilihannya sebagai pengacara publik, mengangkat yang gugur, dan menegakkan hukum ke tempat yang tinggi, membuat Muji Kartika Rahayu menjadi pengacara dan aktivis yang disegani. Menyikapi berbagai persoalan terkait pemberantasan korupsi, ia kerap memberikan pendampingan kepada orang-orang yang menjadi pelapor dan pelapor korupsi yang tidak ingin diketahui identitasnya.

Kabar gembira bagi lingkungan negeri ini di penghujung tahun. Delapan bulan persidangan di Pengadilan Negeri Cibinong, Jawa Barat, Basuki Wasis, ahli lingkungan dari Institut Pertanian Bogor, dibebaskan, pada Kamis, 13 Desember 2018.

Majelis hakim yang terdiri dari Chandra Gautama sebagai ketua, Andri Falahandika dan Ali Askandar, masing-masing hakim anggota, memberikan putusan sementara. Ketiganya menerima eksepsi kuasa hukum terdakwa, Basuki Wasis, dan menyatakan gugatan Nur Alam, terpidana dan mantan Gubernur Sulawesi Tenggara, tidak dapat diterima. Basuki Wasis, juga bebas dari gugatan perdata.

“Majelis hakim juga menegaskan bahwa putusan tersebut menjamin perlindungan bagi setiap ahli yang memberikan keterangan di persidangan, tidak dapat digugat secara perdata maupun pidana,” kata Muji Kartika Rahayu, salah satu kuasa hukum Basuki Wasis, usai persidangan.

Bagi Kanti, demikian Muji Katika Rahayu biasa disapa, kasus Nur Alam merupakan latihan memasukkan kerugian lingkungan sebagai unsur kerugian keuangan negara. Di sisi lain, gugatan perdata terhadap saksi ahli menjadi catatan merah dalam dunia penegakan hukum, di mana kebebasan seorang akademisi diintimidasi bahkan dimutilasi.

“Saya dan seluruh tim pembela, Basuki Wasis, melihat gugatan dari berbagai perspektif, yakni kebebasan akademik, perlindungan Pembela HAM, perlindungan saksi/ahli, perlindungan pejuang lingkungan,” kata Kanti saat berbincang dengan tokoh inspiratif.id .

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan