Salah Mendarat, Pesawat Ethiopian Airlines Turun di Bandara Setengah Jadi

oleh -0 views

Suara.com – Sebuah pesawat kargo Ethiopian Airlines yang terbang ke Zambia membuat para pejabat bingung saat mendarat di bandara yang salah pada hari Minggu (04/04).

Menurut CGTN Africa, pesawat ini sengaja mendarat di bandara setengah jadi alias belum selesai proses konstruksi.

Pesawat itu seharusnya mendarat di Bandara Internasional Simon Mwansa Kapwepwe. Namun karena kesalahan teknis, pesawat kargo tersebut mendarat di Bandara Internasional Copperbelt yang masih dalam proses pembangunan.

Menurut sekretaris kementerian transportasi, Misheck Lungu, bandara di provinsi Copperbelt utara Zambia berjarak sekitar 15 kilometer.

Baca juga:

Apa Perbedaan Adlink dan Bitly Shorter Link

“Saat hendak mendarat, dia (pilot) berkomunikasi dengan radar dan mereka berkata ‘Kami tidak bisa melihatmu’,” kata Lungu kepada AFP.

Ilustrasi Bandara Gatwick, London, Inggris.  (Shutterstock)
Ilustrasi bandara. (Shutterstock)

Akibat kendala tersebut, pilot berusaha mencari jalan keluar secara manual yaitu mencari bandara yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

“Jadi dia menggunakan penglihatannya karena dia tidak memiliki kendali dan mendarat di bandara yang masih dalam pembangunan.”

Lungu menambahkan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi dan mengatakan penyelidik akan mengeluarkan laporan komprehensif tentang insiden tersebut.

Pilot kemudian menerbangkan pesawat ke bandara yang seharusnya dan menyelesaikan misi dengan lancar. Ethiopian Airlines tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Baca juga:

Empat Instruksi Presiden untuk Maksimalkan Upaya Penanganan Bencana di NTT dan NTB