RT 05 Punya Rumput Jepang

  • Bagikan

CURUG-Ada banyak cara untuk membuat lingkungan terlihat hijau dan asri. Penanaman rumput jepang di pekarangan merupakan cara yang dilakukan warga RT 05, RW 02, Lingkungan Lebak Tinggar, Desa Sukalaksana, Kecamatan Curug.

Rumput Jepang ini sudah lama dibudidayakan oleh warga. Biasanya selain menghiasi pekarangan, warga juga menjualnya dengan harga beragam, mulai dari Rp. 35 ribu menjadi Rp. 50 ribu per diameter dan bisa langsung ditanam.

Dalam Lomba Desa Aman Lan Bersih (LRLA) Kota Serang 2021, warga berencana merawat rumput Jepang dengan maksimal. Bahkan pembibitan diperbanyak agar saat penilaian nanti, lingkungan mereka terlihat asri dan asri.

Selain itu, warga sudah gotong royong membersihkan lingkungan dari sampah, serta membuat pagar bambu sepanjang 500 meter. “Saya sudah menginstruksikan warga untuk memperbanyak rumput Jepang,” kata Kepala Desa Sukalaksana H Armin kepada AKSES DISINI, Minggu (18/7).

Diakui Armin penataan di lingkungannya belum maksimal karena masih sedikitnya pot tanaman di depan rumah. Selain itu, dekorasi di sepanjang jalan juga kurang. Untuk itu, Armin harus bekerja ekstra untuk memotivasi warga. “Saya harus memeriksa lebih sering,” katanya.

Namun terkait konsep penataan, Armin menyerahkan sepenuhnya kepada warga sesuai kemampuan dan kreativitas masing-masing RT. “Mudah-mudahan dengan rumput Jepang ini RT 05 bisa menang,” harapnya.

Salah satu warga RT 05, Suryati mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini. Rumput Jepang di pekarangannya pun semakin dirawat agar tumbuh optimal. “Ya itu lagi cabutin rerumputan yang kering, agar tidak menghambat pertumbuhannya,” kata Suryati. (drp/nda)

  • Bagikan