Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Tangsel 2020

oleh -0 views

AKSES DISINI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) telah menyampaikan Laporan Tata Kelola Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kota Tangerang Selatan Tahun 2020.Penyampaian RLPPD tersebut dilakukan oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, beberapa waktu lalu. lalu.

Dalam laporannya disebutkan bahwa capaian kinerja makro merupakan capaian kinerja yang menggambarkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah secara umum. Capaian kinerja makro dihasilkan dari berbagai program yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat, swasta dan pihak lain yang terlibat dalam pembangunan nasional.

Ada enam indikator makro yang digunakan dalam pengukuran ini, yaitu:

1. Indeks Pembangunan Manusia

Baca juga:
675 Masjid di Tangsel Gelar Sholat Tarawih, Ajukan Prokes, Kultum 15 Menit

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator yang diperlukan untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (penduduk). HDI menjelaskan bagaimana warga dapat mengakses hasil pembangunan dalam hal pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Saat ini penghitungan IPM sedang mengalami penyesuaian, terutama pada dimensi pengetahuan. Sebelumnya pada dimensi pengetahuan, BPS menggunakan indikator Angka Melek Huruf dan Rata-Rata Lama Sekolah, namun indikator tersebut disesuaikan dan diubah menjadi Harapan Lama Sekolah dan Rata-rata Lama Sekolah. Berdasarkan metode baru, pencapaian IPM tahun 2015 sebesar 79,38 dan terus meningkat hingga tahun 2020 sebesar 81,36.

Capaian IPM Kota Tangerang Selatan yang tinggi menunjukkan memiliki kualitas sumber daya manusia yang handal, dan berpeluang besar untuk terus ditingkatkan guna mewujudkan Kota Tangerang Selatan ke arah yang lebih baik. Capaian IPM Kota Tangerang Selatan dapat dilihat pada Tabel 1.

Perkembangan IPM Kabupaten / Kota di Provinsi Banten 2020. (Dok: BPS Kota Tangsel, 2021)
Perkembangan IPM Kabupaten / Kota di Provinsi Banten 2020. (Dok: BPS Kota Tangsel, 2021)

Realisasi IPM pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 0,12 poin jika dibandingkan dengan tahun 2019. Penurunan tersebut merupakan yang pertama kali terjadi sejak tahun 2011. Meskipun terjadi penurunan IPM, beberapa indikator pembentuk IPM mengalami peningkatan yang positif, antara lain:

Sebuah. Angka harapan hidup mengalami peningkatan sebesar 0,06 dibandingkan tahun 2019 yang menunjukkan telah terjadi peningkatan derajat kesehatan manusia;

Baca juga:
Ahok bersyukur Benyamin Davnie memenangkan Pilkada Tangerang Selatan, begini alasannya

b. Angka Harapan Sekolah Tua mengalami peningkatan sebesar 0,04 dibandingkan tahun 2019 yang menunjukkan telah terjadi peningkatan kondisi perkembangan sistem pendidikan di berbagai jenjang.