Ramadhan Kareem Artinya Apa? Ini Makna Ucapan Bulan Ramadhan yang Tepat

oleh -2 views

AKSES DISINI – Apa Ramadhan Kareem artinya? Menjelang bulan Ramadhan 1442 H yang akan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021, banyak orang yang mengucapkan selamat kepada sesama umat Islam dengan mengucapkan Ramadhan Kareem baik secara langsung maupun melalui pesan singkat atau bahkan media sosial.

Berikut ini kami akan menjelaskan arti Ramadhan Kareem. Apakah kalimat Ramadhan Kareem cocok untuk bulan Ramadhan? Lalu apa ucapan yang benar untuk bulan ramadhan?

Karim sendiri memiliki arti murah hati. Oleh karena itu Ramadhan Kareem dapat diartikan sebagai “Semoga Ramadhan murah hati padamu”.

Melalui pemaknaan tersebut, kata-kata Ramadhan Kareem telah banyak menimbulkan perdebatan. Pasalnya, Ramadhan bukanlah yang memiliki kemurahan hati, melainkan Allah SWT yang membuatnya demikian.

Baca juga:
Giat Patroli Gabungan Polri-TNI Besrta Pemko Tanjung Balai

Oleh karena itu, Ramadhan Mubarak dianggap lebih tepat diucapkan daripada Ramadhan Kareem. Ini karena Ramadhan Mubarak sendiri berarti “Ramadhan yang diberkati” atau “Ramadhan yang membahagiakan”.

Hal ini juga ditegaskan lebih lanjut oleh salah satu ulama Muslim, Syaikh Muhammad bin Salih Al-‘Uthaymeen:

Hukumnya di bawah kalimat ini “Ramadhan Karim” (terjemahan: Ramadhan itu murah hati) tidak benar. Yang benar adalah “Ramadhan Mubarak” (Ramadhan yang diberkati) atau sejenisnya, karena bukan Ramadhan yang memberi sehingga disebut dermawan. , tapi Allah Ta’ala memberikan keutamaan ini. “

Selain itu penggunaan Ramadhan Mubarak dinilai lebih tepat karena penggunaannya telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW:

“Ramadhan telah datang kepadamu, bulan mubarak (bulan berkah). Tuhan mewajibkan Anda untuk berpuasa padanya. Gerbang surga terbuka untuknya. Gerbang neraka ditutup. Setan terikat. Di dalamnya ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, maka dia memang terhalang. “(HR. Ahmad).

Baca juga:
Dimulai dari mencuci tangan untuk menjaga kesehatan serta kebersihan

Meski begitu, tak sedikit pula yang meyakini bahwa penggunaan Ramadhan Kareem juga tidak salah karena mencerminkan nikmat yang Allah SWT berikan kepada umat-Nya di bulan suci.