Puluhan Petugas Gelar Razia di Lapas Batu Nusakambangan, Ini yang Dicari

oleh -0 views

AKSES DISINIPetugas gabungan melakukan razia di Lapas Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (6/4/2021). Ini untuk menciptakan lapas yang bersih dan bebas dari narkoba, ponsel dan barang terlarang lainnya.

Penggerebekan dilakukan pada hari Selasa mulai pukul 20.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas I Batu Jalu, Yuswa Panjang, melibatkan pegawai Lapas Kelas I Batu bekerja sama dengan LP Nusakambangan, alumni Ilmu Pemasyarakatan Kelas 51. Politeknik (Poltekip), calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahu rekrutmen 2019, serta personel Polsek Nusakambangan.

Jumlah personel yang terlibat dalam penggerebekan malam ini adalah 55 orang. Penggerebekan yang dilakukan dalam rangka Hari Dinas ke-57 Tahun 2021 ini juga merupakan bentuk sinergi antar jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, khususnya Direktorat. Jenderal Koreksi di Kepolisian, “kata Kepala Kelas I Batu. Jalu Yuswa Panjang.

Yuswa menuturkan, penggerebekan dilakukan sebagai upaya penanganan dan pencegahan penggunaan narkoba, ponsel, dan barang lainnya oleh narapidana (WBP / narapidana) di lapas.

Baca juga:
Razia, Petugas Sita Peniti dari Lapas Kelas IIB Yogyakarta

Menurutnya, penyalahgunaan barang terlarang tersebut bisa mengganggu keamanan dan ketertiban di lapas.

“Penyebabnya bisa karena pengawasan dan pengamanan yang kurang baik dari luar lapas maupun dari dalam lapas itu sendiri. Oleh karena itu, kami menggelar razia untuk membuat lapas yang bersih dan bebas narkoba, ponsel dan barang terlarang lainnya,” ujarnya. kata.

Lebih lanjut Jalu mengatakan, saat penggerebekan, petugas gabungan memeriksa setiap blok atau ruangan kediaman WBP untuk mengecek kemungkinan ada barang terlarang atau tidak seharusnya ada di tempat itu.

Namun, setelah melakukan penggerebekan selama kurang lebih dua jam, kata dia, petugas gabungan tidak menemukan barang terlarang seperti narkoba, ponsel, dan sebagainya di blok atau ruangan WBP.

“Penggerebekan ini sebagai bentuk keseriusan dan integritas sekaligus bukti komitmen kami dalam melaksanakan program Zero Halinar (telepon genggam, pungutan liar, dan narkoba) di Lapas Batu,” ujarnya. (Antara)

Baca juga:
Petugas Gabungan Gelar Penggerebekan di Lapas Cebongan, Ini Ditemukan