Program Family Farming Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Petani Pandeglang | AksesDisini.com -Banten Hari ini

  • Bagikan

PANDEGLANG – Program Pertanian Keluarga (PK) merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Badan Ketahanan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) berupa bantuan infrastruktur pertanian.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKP Kabupaten Pandeglang, Sarwo Edhy menilai pelaksanaan program PK di Pandeglang dinilai berhasil.

“Ketika ada program bantuan dari pemerintah, ada peningkatan pendapatan petani, pola ini harus disosialisasikan kepada petani lain,” kata Sarwo Edhy melalui keterangannya, Minggu (17/10/2021).

Dengan suksesnya pelaksanaan program PK, menurut Sarwo Edhy, tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menumbuhkan ekonomi pedesaan dapat terwujud.

“Ketika ekonomi petani tumbuh, ekonomi desa tumbuh, daerah juga tumbuh. Kita tahu bahwa Pandeglang adalah penopang pangan bagi Banten dan Banten adalah penopang nasional,” jelasnya.

Sarwo Edhy menjelaskan, program PK yang dicanangkan BKP Kementerian Pertanian pada tahun 2021 ini tersebar di 109 kabupaten dan 31 provinsi di seluruh Indonesia.

“Tahun 2021 Pandeglang akan mendapatkan dua Poktan, semoga tahun depan ditambah, program ini terus berlanjut. Tahun depan kita coba lihat lagi, mungkin tahun depan bantuannya berbeda, bisa digunakan untuk pengolahan lahan, ” pungkasnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita, mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas program yang telah diturunkan kepada kelompok tani di Pandeglang. Ia berharap poktan yang menerima bantuan ini dapat berkembang sehingga dapat berkelanjutan.

“Alhamdulillah Poktan Sri Tani dan Taruna Bloom dapat memanfaatkan program ini dengan baik dengan menanam tiga komoditas yaitu Cabai, Mentimun dan Kacang Panjang,” ujarnya.

“Mudah-mudahan program ini bisa turun lagi tahun depan untuk kelompok tani lainnya, sehingga produktivitas terus berlanjut karena Pandeglang merupakan sentra Banten dan penyangga komoditas nasional,” lanjutnya.

(Merah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: