Profil Abuya Uci, Ulama Sekaligus Sahabat Gus Dur Meninggal Dunia

oleh -14 views

AKSES DISINI – Kabar duka kembali datang dari ulama, pimpinan pondok pesantren dan Majelis Al-Istiqlaliyyah Cilongok Ta’lim, Abuya Uci meninggal dunia hari ini, Selasa (6/4/2021) pagi tadi. Di bawah ini adalah profil Abuya Uci.

Abuya Uci dikabarkan meninggal karena sakit. Kesehatan Abuya Uci menurun pada Senin malam. Jenazah Abuya Uci siang tadi dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Cilongok. Kabar meninggalnya Abuya Uci ini disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur dan juga Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy.

Lalu siapakah sosok Abuya Uci? Simak profil Abuya Uci berikut ini.

Profil untuk Abuya Uci

Baca juga:
Gubernur Banten Wahidin Halim Doakan Jenazah Abuya Uci Thurtusi

Abuya Uci Thurtusi atau yang akrab disapa Abuya Uci merupakan salah satu ulama besar Indonesia yang memimpin Pondok Pesantren dan Majelis Al-Istiqlaliyyah Ta’lim, Cilongok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Abuya Uci berasal dari Desa Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Dia adalah putra almarhum. Abuya Dimyathi Cilongok yang merupakan seorang kiai yang disegani oleh masyarakat Banten.

Abuya Uci adalah seorang ulama karismatik yang dihormati dan dicintai banyak kalangan.

Dalam kesehariannya, Abuya Uci rutin mengadakan pengajian yang dihadiri oleh berbagai jamaah dari berbagai daerah di Indonesia serta ulama dari luar negeri seperti dari Mesir, Arab, Irak, Maroko, Yaman, dan lainnya. Abuya Uci selalu menyampaikan ceramah dan tauziahnya dengan menggunakan bahasa Sunda yang mudah dipahami oleh masyarakat Jawa Barat dan Banten sendiri.

Semasa hidupnya, Abuya Uci disebut-sebut sangat dekat dengan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Kedekatan Abuya Uci dengan Gus Dur dibuktikan dengan seringnya Gus Dur bersekolah di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah Cilongok.

Baca juga:
Pelayat Mulai Mengisi di Sekitar Liang Lahad Abuya Uci Thurtusi

Selain menjaga kedekatan dengan Gus Dur, Abuya Uci juga dekat dengan Habib Maulana Lutfi bin Yahya asal Pekalongan, Jawa Tengah.