Polisi akan mengganti warna seragam satpam, alasannya agar masyarakat tidak bingung lagi

  • Bagikan
Polri Akan Ubah Warna Seragam Satpam, Alasannya Agar Masyarakat Tak Lagi Kebingungan

Akses Disini, Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah warna seragam harian Satuan Pengamanan (Satpam) yang sebelumnya berwarna coklat muda menjadi krem.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, perubahan warna seragam satpam itu untuk menghilangkan keresahan di masyarakat.

“Masih dalam proses review warna kaos coklat muda, nanti akan berubah menjadi warna beige,” kata Ramadhan, seperti dikutip dari Di antara, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan menjelaskan, warna seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan seragam polisi. Sehingga, menurut dia, hal itu menimbulkan kebingungan dan kesulitan bagi masyarakat untuk membedakan antara polisi dan satpam.


teks alternatif

Ramadhan menjelaskan Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian yang terbatas sehingga perlu memiliki identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pengawasnya.

Menurut Ramadhan, warna seragam baru satpam akan diperkenalkan pada hari ulang tahun satpam yang diperingati setiap 30 Desember.

“Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam baru,” kata Ramadhan.

Namun, lanjut Ramadhan, penggunaan warna baru seragam satpam akan dilaksanakan setelah selesai asesmen dengan jangka waktu satu tahun.

“Akan berlaku setelah penilaian selesai dan akan diberikan setahun setelah disetujui penggunaannya,” kata Ramadhan.

Untuk diketahui, seragam satpam sebelumnya diubah pada Oktober 2021 dari biru menjadi cokelat muda.

Editor: Zulhamdi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan