Pilkades Lebak, Iti Oktavia: Berpolitik Uang Langsung Didiskualifikasi

  • Bagikan
Pilkades Lebak, Iti Oktavia: Lakukan Money Politik Langsung Didiskualifikasi

WARUNGGUNUNG – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta seluruh calon kepala desa untuk menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing setelah terpilih sebagai kepala desa (Kades) dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 24 Oktober mendatang. Demikian disampaikan Iti pada Deklarasi Damai calon kepala desa periode 2021-2027, di hanggar Jayabaya, Warunggunung, Senin (18/10).

“Setelah terpilih, rangkul bersama yang tidak terpilih (calon kepala desa-red). Kami ingin bekerja sama antara kabupaten dan desa. Sehingga percepatan pembangunan bisa terwujud,” ujar Bupati perempuan pertama di Lebak ini.

Iti juga mengingatkan para calon kepala desa untuk tidak melakukan politik uang. “Ada konsekuensi hukum ketika melakukan politik uang. Terbukti melakukan dapat didiskualifikasi. Jadi kami minta agar calon kepala desa bisa melindungi dan melaksanakan pemilihan kepala desa dengan bermartabat,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI itu juga mengatakan, Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades akan direvisi terkait penghitungan surat suara Pilkades. Dimana sejak awal penghitungan suara akan dilakukan di kantor desa hingga di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Nanti kita ubah Perbupnya. Sehingga tidak ada kolusi atau dukungan terhadap salah satu calon kepala desa,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lebak Budi Santoso mengatakan, jika dalam satu desa hanya ada dua calon, dan salah satu calon kepala desa meninggal dunia, maka Pilkades tetap dilaksanakan dan sudah diatur dalam peraturan daerah nomor 1 tahun 2015.

“Jika yang meninggal mendapat suara terbanyak, panitia Pilkades melapor kepada bupati melalui camat. Kemudian bupati menghentikan Pilkades dan mengangkat pejabat dari kepala desa,” kata mantan ketua BKAD Lebak itu.

Deklarasi damai yang digelar di kediaman Mulyadi Jayabaya itu dihadiri 800 calon kepala desa dan dihadiri Bupati Iti Octavia Jayabaya, tokoh masyarakat Lebak Mulyadi Jayabaya, Kajari Lebak ST Hapsari, Kapolsek Lebak AKBp Teddy Rayendra, Dandim 0603 Lebak Lt. OPD dan kecamatan.(nce)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: