Persiapkan Karhutla Sejak Dini, Polsek Katingan Kuala Laksanakan apel Kesiapan Sekaligus Gelar Sarpras Dalam Menghadapi Musim Kemarau

oleh -0 views

Katingan – Polda Katingan Kuala – Polda Kalimantan Tengah.

Katingan Kuala Polsek bersama Koramil Katingan Kuala dan instansi terkait mengingatkan antisipasi kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan sejak dini, hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Katingan pada acara Gabungan Apel Persiapan Karhutla di Mapolsek Katingan Kuala, Katingan Kuala Kecamatan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (08/04/2021)

Selain mengingatkan mereka untuk mengantisipasi sejak dini pada kesempatan ini, mereka juga mengimbau para kepala desa untuk ikut serta menyiapkan alat pemadam kebakaran, serta posko kebakaran hutan dan lahan di desa masing-masing dan mengaktifkan kembali personelnya, agar dapat menjadi hutan. atau terjadi kebakaran lahan dapat segera ditangani.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, SIK, MH melalui Kapolsek Katingan Kuala Akp Made Suta. Lebih lanjut dia menjelaskan, jika terjadi kebakaran hutan dan lahan maka ekosistem alam akan terganggu dan butuh waktu lama untuk memulihkan ekosistem.

“Asap dari kebakaran hutan atau lahan dapat memperparah pandemi Covid 19. Oleh karena itu, sedapat mungkin pencegahan kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan sejak dini,” jelas Kapolsek tersebut.
Antisipasi dini kebakaran hutan dan lahan perlu dilakukan dan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat lebih intensif dilakukan dengan menjalin sinergi dengan pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita.

Acara juga melakukan pengecekan kelengkapan sarana dan prasarana dalam menghadapi musim kemarau dan karhutla. Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan memasang spanduk dan pengumuman dari Kapolda tentang kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan di tempat-tempat yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan dan di tempat-tempat keramaian di Kecamatan Katingan Kuala.