Kisahsejarah.id Banyak yang belum mengetahui tentang sejarah yang terjadi di Indonesia, salah satunya adalah peran Indonesia di OPEC. Maka pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang Peran Indonesia di OPEC.

OPEC

OPEC merupakan singkatan dari Organization Of The Petroleum Exporting Countries, selain itu juga dikenal sebagai Petroleum Exporting Countries. Negara yang didirikan OPEC yaitu lima negara anggota yaitu Arab Saudi, Venezuela, Arab Saudi, Kuawit dan Irak yaitu pada tanggal 14 September 1960.

Tidak hanya itu OPEC didirikan untuk menyelesaikan masalah produksi, harga, dan juga hak pengusahaan minyak bumi dengan perusahaan minyak. Selain itu juga OPEC dilakukan seusai konferensi Baghdad 10-14 Agustus 1960. Saat itu semula dilakukan OPEC di Jenewa yang terjadi pada tanggal 21 Januari 1961 hingga Agustus 1965 yang kemudian dipindahkan ke Wina.

Status Keanggotaan Indonesia di OPEC

Pertama kali Indonesia masuk menjadi anggota OPEC pada Desember 1962. Namun, kemudian Indonesia kembali dibekukan untuk status keanggotaan pada Mei 2008. Namun, pada 2014 Indonesia bergabung kembali dengan OPEC.

Pada 30 November 2016, Indonesia kembali dibekukan dalam status keanggotaannya OPEC. Pasalnya, Indonesia telah menjadi importir minyak sejak 2003 dan tak mampu memenuhi kuota yang telah diberlakukan. Karena itu, Indonesia mengajukan surat hengkang OPEC pada akhir 2008.

Namun setelah melakukan rapar dan akhirnya Indonesia hanya dibekukan dari keanggotaan OPEC hanya. Dan setelah itu Indonesia memutuskan kembali menjadi anggota OPEC resmi pada tahun 2014, bersamaan dengan terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia yang baru.

Namun Indonesia keluar lagi pada 30 November 2016, ini karena kebijakan OPEC yang mengurangi produksi minyak Indonesia sebesar 37.000 barel per hari, dengan tujuan untuk menghentikan penurunan harga minyak.

Peran Indonesia di OPEC

Dalam hal ini Indonesia memiliki peran nyata dalam keanggotaannya di OPEC. Meskipun OPEC yang terdiri dari negara dunia ketiga.

Indonesia punya peran di dalamnya OPEC yaitu sebagai berikut;

  • Terlibat dalam penanganan masalah substansi dan juga diplomasi dalam berbagai persidangan yang digelar OPEC.
  • Indonesia melakukan aktivitas untuk memantau harga minyak.
  • Indonesia menjadi sekretaris jenderal OPEC.
  • Indonesia menjadi pihak ketiga dalam menangani masalah yang terjadi antar anggotanya OPEC.

Hambatan Indonesia Selama Menjadi Anggota OPEC

Saat Indonesia menjadi anggota OPEC, Namun banyak kendala di dunia ini terkait dengan status Indonesia di OPEC, ini terjadi pada tahun 2008. Saat itu terjadi, Indonesia berada di dalam institusi OPEC menjadi diragukan karena krisis dan kenaikan harga minyak dunia. Sehingga karena hal tersebut negara Indonesia menjadi perdebatan dari berbagai pihak.

Awal mula kenaikan harga minyak menjadi pemasukan yang besar. Tapi ada pergeseran syarat perdagangan mengakibatkan Indonesia mengalami penurunan pendapatan. Hal ini disebabkan oleh kekakuan riil, herga dan struktural perekonomian. Oleh karena itu, permasalahan yang dihadapi Indonesia menyebabkan Indonesia mengumumkan akan meninggalkan anggotanya OPEC pada tahun 2008. Dan OPEC menegaskan hal itu pada 10 September 2008. Hal ini menjadikan Indonesia bukan lagi negara penghasil minyak, melainkan eksportir minyak.

Kemudian Indonesia masuk kembali sebagai anggota OPEC pada 2014 lalu statusnya dibekukan kembali pada 2016. Namun, Indonesia tetap dibutuhkan oleh negara OPEC lain. Dan tetap solidaritas OPEC. Tidak hanya itu, Indonesia pun selalu berusaha membangun dialog yang konstruktif di dalamnya OPEC. Dan selain itu Indonesia juga dianggap sebagai faktor pembangunan dalam komposisi negara anggota.

Manfaat Indonesia Menjadi Anggota OPEC

Indonesia diuntungkan dengan menjadi anggota OPEC, meski status Indonesia dibekukan, namun manfaat yang bisa didapat antara lain sebagai berikut;

  • Indonesia pada tahun 2004 mampu memberikan posisi tawae yang sangat strategis serta kontak yang lebih luas dengan negara penghasil mineral utama lainnya.
  • Indonesia untuk berpartisipasi OPEC dapat meningkatkan citra Indonesia di luar negeri.
  • Memiliki kesamaan visi dan misi di bidang energi.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

don't worry
be happy.

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin