Pendidikan adalah Program Prioritas, Membangun Sekolah Umum di Setiap Kabupaten

  • Bagikan
Pendidikan jadi Program Prioritas, Bangun Sekolah Negeri di Setiap Kecamatan

Pemerintah Provinsi Banten menjadikan pendidikan sebagai salah satu program prioritas. Hal itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022. Pemerintah Provinsi Banten mengintervensi layanan pendidikan dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, saat ini Pemprov Banten sedang melakukan pemetaan kecamatan di seluruh wilayah Banten. “Kami memetakan setiap kecamatan yang tidak ada SMA/SMK negeri,” kata Andika.

Apalagi saat ini penerimaan siswa baru (PPDB) menggunakan metode zonasi seperti yang diamanatkan pemerintah pusat. Untuk itu, penting untuk memiliki sekolah negeri di setiap kecamatan. Selain itu, keberadaan sekolah umum di setiap kecamatan juga membantu masyarakat untuk mendekatkan layanan pendidikan. “Negara hadir untuk mendekatkan layanan pendidikan kepada masyarakat. Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh ke sekolah,” ujarnya.

Tahun ini, kata Andika, Pemprov Banten membangun 11 unit sekolah baru (USB) di Kabupaten Lebak yang selama ini tinggal di gedung sekolah lain atau filial. Selain membangun USB, Pemprov juga telah membeli sejumlah lahan yang tersebar di kabupaten/kota untuk persiapan pengembangan USB di tahun mendatang. “Total target RPJMD kami adalah 34 USB. Kita lakukan secara bertahap karena kemarin ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19,” jelasnya.

Ia mengatakan, tahun depan Pemprov Banten akan kembali melakukan pengembangan USB. Meski belum sepenuhnya rampung, Pemprov di era Gubernur Banten Wahidin Halim dan dirinya sendiri sudah menyiapkan lahan yang bisa digunakan untuk pembangunan USB.

“Harapannya, semakin dekat sekolah, semakin antusias masyarakat untuk belajar. Dan tentunya ini juga akan meningkatkan kualitas SDM Banten yang mampu bersaing dengan daerah lain,” ujar Andika.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan