Pemuda adalah kunci kekompakan masyarakat

  • Bagikan
1625466733 Pemuda adalah kunci kekompakan masyarakat
Pemuda adalah kunci kekompakan masyarakat

TAKTAKAN – Pemuda di RT 02 RW 02 Kelurahan Soyog, Kelurahan/Kecamatan Taktakan menjadi kunci kekompakan masyarakat dalam mengelola lingkungan. Berawal dari awal, saat lingkungan masih kumuh dan masih banyak semak belukar, para pemuda melakukan gotong royong untuk memotivasi warga lainnya.

Setelah didaftarkan oleh Pemerintah Desa Taktakan dalam Lomba Busana dan Keselamatan Kota Serang (LRLA) 2021, para pemuda sebenarnya sudah heboh. Namun karena ketua RT 02 Chalawi jatuh sakit, penataan tidak pernah dilakukan.

1625466731 348 Pemuda adalah kunci kekompakan masyarakat
Pemuda adalah kunci kekompakan masyarakat 4

Bahkan, lingkungan lain yang dilombakan di Desa Taktakan sudah mulai membaik. Saat itu pengurus RT dan RW menunjuk Faisal, salah satu perwakilan pemuda RT 02, menjadi Koordinator Penataan.

Saat itu, Faisal mengundang pemuda dan warga lainnya untuk bertemu guna membahas konsep pengelolaan lingkungan. Keesokan harinya, mereka langsung bergerak membuat gapura yang terbuat dari bambu.

Selanjutnya, para pemuda berinisiatif memanfaatkan lahan kosong seluas 15 x 7 meter persegi yang dipenuhi semak belukar untuk dijadikan taman. Mereka langsung melompat ke rerumputan setinggi dua meter itu, lalu membakarnya. “Di taman ini kami membuat spot foto, berbagai jenis bunga, dan sayur-sayuran,” kata Faisal AKSES DISINI, Jumat (2/7).

Melihat semangat para pemuda yang antusias, kata Faisal, pelan-pelan memotivasi warga, terutama laki-laki dan perempuan. Kemudian semua terlihat, ibu-ibu menjadi rajin membersihkan selokan, bapak-bapak juga membantu membuat pagar dari bambu. “Kita juga ada fee seminggu sekali, ikhlas,” ujarnya.

Faisal melanjutkan, setelah pintu gerbang dan taman selesai dibangun, warga akan merenovasi posko yang sebelumnya berbentuk gubuk sederhana dan kecil. Pos patroli akan dibuat lebih besar dan kuat, serta dilengkapi dengan perangkat keamanan. “Oiya, kami juga punya taman bermain untuk anak-anak,” tambahnya.

Ketua Taktakan Erlinawati menilai kekompakan pemuda di RT 02 memang sudah teruji. Hal ini menjadi andalan guna mendapatkan nilai lebih dalam kategori pemuda penggerak lingkungan terbaik. “Semoga para juri bisa betah dan nyaman saat berkunjung ke lingkungan RT 02,” harapnya. (mg06/nda)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan