Pemerintah Perluas PPKM Jawa-Bali

  • Bagikan

Akses Disini, Jakarta — Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara berjenjang untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) di sejumlah wilayah Jawa-Bali selama dua pekan. Mulai besok 19 Oktober hingga 2 November.

“Mulai besok ada 54 kabupaten/kota di level 2, 9 kabupaten/kota di level 1. Rinciannya akan masuk ke Kementerian Dalam Negeri,” kata Menko Kemaritiman dan Kehutanan yang juga Koordinator Wilayah Jawa -PPKM Bali, Luhut Binsar Pandjaitan melalui konferensi pers, Senin (18/18). 10/2021).

Luhut mengatakan kasus aktif nasional dan Jawa-Bali turun drastis. Saat ini baru 18 ribu kasus aktif secara nasional. Hanya 7.000 di Jawa dan Bali.

Dia menganggap itu adalah kondisi yang telah membaik. Apalagi, pada 17 Oktober tidak ada penambahan kematian di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.


teks alternatif

“Dan provinsi lain di Jawa dan Bali hanya mencatat kurang dari 5 kematian per hari. Angka ini lebih baik untuk lagu daripada tidak Juli,” kata Luhut.

Pemerintah telah memberlakukan PPKM Level 4, 3 dan 2 untuk 11 perpanjangan sejak awal penanganan pandemi Covid-19.

Pemerintah mengaku akan terus mengevaluasi pelaksanaan PPKM di seluruh wilayah Indonesia setiap dua minggu sekali. Tingkatan PPKM di seluruh kabupaten/kota akan ditetapkan kembali oleh pemerintah berdasarkan hasil evaluasi dari sejumlah indikator penilaian yang ada.

Indikator penilaian meliputi jumlah kasus positif Covid-19, kasus kematian, kasus pemulihan, tingkat pengujian dan penelusuran, tingkat hunian tempat tidur rumah sakit, dan pencapaian vaksinasi di wilayah masing-masing.

Baru-baru ini, jumlah kasus Covid-19 mulai menurun. Sejak 29 September hingga sekarang, peningkatan kasus positif tidak pernah di atas 2.000 per hari.

Kasus aktif Covid-19 cenderung turun, namun ancaman gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2021 setelah libur Natal dan Tahun Baru.

Editor: Alfian Risfil A

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: