Patroli Sambang Sat Polair Sampaikan Maklumat Kapolda Kalteng

oleh -0 views

Kotim (06/04/2021) – Satpolairud Polda Kalteng jajaran Polda Kalteng melakukan patroli sambang sekaligus sosialisasi pengumuman Kapolda Kalteng di pelabuhan Habaring Hurung Sampit, Kabupaten Kotim, Tengah. Provinsi Kalimantan.

Kegiatan ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta mewujudkan kawasan bebas asap rokok yang terus diintensifkan oleh Satpolair Polres Kotim.

Kapolres Kotim Akbp Abdoel Harris Jakin, SIK, M.Si melalui Kasat Polair Polres Kotim AKP Herbet Parluhutan Simanjuntak, SH menyampaikan bahwa fatwa tentang larangan dan sanksi pidana pembakaran hutan dan lahan dikeluarkan oleh Polda Kalteng dan ditandatangani langsung oleh Kepala Kapolres. Kapolda Kalteng Inspektur Jenderal Pol. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM.

Kasatpolairud menambahkan berdasarkan SK Polda Kalteng sesuai dengan PP nomor 04 tahun 2001 bahwa pembakaran hutan dan lahan merupakan tindak pidana yang berdampak luas dari kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan dan terganggunya kegiatan masyarakat lainnya. .

Diharapkan dengan adanya Deklarasi Polda Kalteng tersebut sebenarnya karhutla dapat dicegah jika seluruh komponen dan elemen masyarakat dapat bersama-sama mensosialisasikan pencegahan karhutla. (Satpolair02-Spt)