Pasca Gempa, PLN Pastikan Jaringan Listrik Jawa-Bali Aman

  • Bagikan
Pasca Gempa PLN Pastikan Jaringan Listrik Jawa Bali Aman

Pasca Gempa PLN Pastikan Jaringan Listrik Jawa Bali Aman

SERANG, AKSES DISINI – PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan di Jawa, Madura dan Bali dalam kondisi aman pasca diguncang gempa berkekuatan 6,7 SR di Kabupaten Sumur, Banten pada Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB.

“Berdasarkan laporan dari tim kami di lapangan, secara umum kondisi kelistrikan Jawa Madura Bali dalam kondisi aman,” kata Executive Vice President Corporate Communications dan TJSL PLN Agung Murdifi dalam rilis yang diterima AKSES DISINI, Jumat (14/1). 2022) malam.

Untuk lebih memastikan saat ini, PLN telah segera menerjunkan tim untuk memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan khususnya di wilayah Banten tetap beroperasi. Saat ini, daya yang mampu mensuplai sistem Jawa-Madura-Bali sebesar 24,5 GW. Agung mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

“Seluruh pelanggan dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 jika terjadi gangguan listrik di sekitarnya,” pungkas Agung.

Dari pemeriksaan sementara oleh tim PLN, 296 gardu distribusi di dua wilayah terdampak, Hingga pukul 18.00, PLN berhasil memulihkan listrik ke 11.196 pelanggan dari 21.490 pelanggan terdampak. Saat ini, ada 3,6 juta pelanggan di seluruh wilayah Banten. PLN memastikan sistem kelistrikan di wilayah lain tetap terpantau aman.

Manajer PLN UP3 Banten Selatan, Irwanto menjelaskan gempa yang berlangsung selama 30 detik itu berdampak pada 3 penyulang listrik. Dua wilayah kerja yang dekat dengan episentrum gempa, yakni Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan dan ULP Malingping.

“PLN bergerak cepat untuk dapat memulihkan sistem kelistrikan khususnya di dua wilayah tersebut. PLN mengirimkan tim pemulihan untuk memastikan besarnya dampak dan melakukan pemulihan,” kata Irwanto.

Irwanto mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. PLN terus berupaya untuk segera memulihkan sistem kelistrikan dan mengamankan sistem kelistrikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 jika terjadi gangguan listrik yang dialami di sekitarnya,” pungkas Irwanto.

Data dari BMKG menunjukkan pusat gempa berada di Kabupaten Sumur, wilayah Banten dengan magnitudo 6,7. Gempa yang berlangsung selama 30 detik tidak berpotensi tsunami.(ENK)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan