Panglima KP XVIII-2004 Ditpolairud Latih Pelatihan Keselamatan Dasar ABK – AKSES DISINI

  • Bagikan

Kumai – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalteng khususnya Kapal Polisi XVIII-2004 yang melaksanakan pelatihan Basic Safety Training (BST) dengan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Senin (14/06/2021) pagi.

Kapal Polisi XVIII-2004 melakukan pelatihan singkat penggunaan APAR dalam rangka penanggulangan kebakaran jika terjadi di kapal. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh ABK (ABK) dengan antusias dan dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran oleh ABK KP XVIII-2004 Ditpolairud Polda Kalteng.

Dirpolairud Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono, SIK, M.Hum. Melalui Komandan Kapal Polisi XVIII-2004 Brigpol Novanto Anugrah mengatakan sosialisasi dan simulasi ini dilakukan dalam rangka melatih dan mengasah ketangkasan awak kapal dalam menangani kebakaran di atas kapal.

“Pelatihan yang kami lakukan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ABK Kapal Polisi KP XVIII-2004 tentang fungsi APAR, serta untuk melatih ABK Kapal Polisi XVIII-2004 agar dapat menggunakan APAR dengan baik dan benar untuk menangani kebakaran skala kecil,” kata Brigpol Novanto. .

Selain itu dijelaskan pula mengenai ciri-ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap pakai dan cara penggunaan APAR yang benar dan benar dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka segel dengan memutar pin

2. Tarik pin APAR

3. Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asap, jangan berdiri dalam posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m-3 meter dari api

4. Angkat APAR, arahkan nozzle selang ke arah api

5. Semprotkan api dengan menekan tuas pada alat pemadam

Brigpol Novanto menambahkan, penggunaan APAR ini hanya untuk awal kebakaran kecil, bukan untuk kebakaran besar.

“Semoga pengetahuan tentang jenis-jenis APAR, kondisi APAR, sumber api dan cara penggunaan APAR dapat bermanfaat bagi ABK Kapal Polri 2004,” pungkasnya. (HARJONO)

  • Bagikan