Suara.com – Meskipun jarang, orang dewasa muda berisiko lebih tinggi mengalami pembekuan darah karena vaksin AstraZeneca. Hal ini dinyatakan oleh Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA).

Luncurkan dari IndependenMHRA mengatakan ada 209 kasus penggumpalan darah kombinasi langka dengan jumlah trombosit rendah menyusul vaksinasi Oxford-AstraZeneca dengan 41 kematian di Inggris. Kondisi ini meningkat dari 168 kasus dan 32 kematian pada minggu sebelumnya.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang mengalami pembekuan darah setelah vaksinasi telah menghasilkan antibodi yang mengaktifkan trombosit.

Jerman, Belanda, Portugal, Spanyol dan Filipina telah merekomendasikan bahwa vaksin AstraZeneca hanya diberikan kepada orang-orang yang berusia di atas 60 tahun. Kanada dan Prancis telah membatasinya untuk mereka yang berusia di atas 55 tahun. Denmark dan Norwegia juga telah berhenti menggunakan vaksin tersebut sepenuhnya karena dari risiko pembekuan.

Baca juga:
Suami Kritis dan Masuk ICU, Inilah 5 Potret Dukungan Joanna Alexandra kepada Radit

Data baru juga menunjukkan 24 kasus pembekuan pada orang berusia 18 hingga 29 tahun, 28 pada mereka yang berusia tiga puluhan, 30 pada orang berusia empat puluhan, 59 pada orang berusia lima puluhan dan 57 pada mereka yang berusia 60 ke atas.

Ilustrasi vaksin AstraZeneca.  (Dok: Khusus)
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (Dok: Khusus)

Jumlahnya tampaknya meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi itu karena lebih banyak orang tua yang divaksinasi. Kepala eksekutif MHRA June Raine mengatakan tidak ada obat atau vaksin tanpa risiko dan pembekuan darah sangat jarang terjadi.

“Manfaat vaksin terus melebihi risikonya bagi kebanyakan orang. Vaksinasi masih sangat penting,” kata Raine.

“Kami meminta siapa saja yang mencurigai mereka mengalami efek samping terkait vaksin Covid-19 mereka untuk melaporkannya ke situs web Kartu Kuning Coronavirus,” tambahnya. Data menunjukkan bahwa 120 kasus pembekuan tercatat pada perempuan dan 89 laki-laki dan tingkat kematian kasus secara keseluruhan adalah 19 persen.

Baca juga:
Jadwal KRL Terbaru Setelah Tidak Berhenti di Stasiun Tanah Abang

(function() )();
window._fbq = window._fbq || [];
window._fbq.push([‘track’, ‘6034302946714’, ‘value’:’0.00′,’currency’:’USD’]);

Tinggalkan Balasan