Optimalkan Penerimaan Pajak Daerah, Wali Kota H.M Syahrial Launching Tim Satgas Pendapatan dan Pemasangan Alat Perekam Transaksi (Tapping Box)

oleh -0 views
Foto.IlhamGani / Ket.Foto. Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH. MH, Wakil Walikota Tanjungbalai H. Waris. Forkopimda Tanjungbalai. Pimpinan Cabang Bank Sumut Tanjungbalai. Pimpinan OPD Pemerintah Kota Tanjungbalai dan Pengusaha Hotel dan Restoran

AKSES DISINI, Tanjungbalai

Melalui Badan Pengelola Pendapatan dan Aset Keuangan Daerah (BPPKAD) Kota Tanjungbalai, hari ini (Selasa, 6/4/2021) mengadakan acara launching tim satgas penerimaan dan sosialisasi pemasangan alat pencatat transaksi bisnis perpajakan daerah. (Kotak Sadap) di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Walikota Tanjungbalai

Walikota Tanjungbalai HM Syahrial menggagas ide dan gagasan pembentukan satgas penerimaan dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah yang berdampak pada peningkatan pembangunan daerah dan peningkatan sektor ekonomi dan sosial masyarakat Tanjungbalai. “Pajak merupakan urat nadi pembangunan suatu daerah, untuk itu diperlukan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya.

Rencananya Tapping Box akan ditempelkan pada wajib pajak dalam upaya optimalisasi pendapatan asli daerah di wilayah Kota Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai telah bekerjasama dengan Bank Daerah (Bank Sumut), Bank Sumut sendiri siap membantu Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk dapat memberikan alat perekam untuk transaksi. Sehingga dapat meningkatkan PAD Kota Tanjungbalai.

Pembentukan tim Satgas Pendapatan Kota Tanjungbalai ini dalam rangka menertibkan pajak daerah dan mampu memantau omzetnya di Kota Tanjungbalai. Selain itu, tim satgas juga melaksanakan program KPK dalam hal pajak daerah yaitu rekomendasi satgas penanggulangan korupsi dengan memasang alat pencatat transaksi atau tapping box. Alat ini juga berperan dalam optimalisasi penerimaan pajak daerah, terangnya

Alhamdulillah, hari ini Bank Sumut melalui Kepala Divisi Dana dan Jasa Direksi PT Bank Sumut Budi Ansari Nasution telah menyampaikan siap menyediakan alat perekam ini beserta sistemnya, tentunya Tanjungbalai. Pemkot senang karena tidak dapat dielakkan hampir seluruh wilayah Indonesia sudah melaksanakannya, ”jelas Walikota HM Syahrial.

“Aplikasi ini tentunya bertujuan untuk menambah simpanan wajib pajak, memudahkan wajib pajak dalam membuat laporan omzet dan menghitung besarnya pajak yang dibayarkan kepada pemerintah, meningkatkan akurasi data penerimaan wajib pajak dan meningkatkan pengawasan pelaporan pajak,” ujar Walikota.

Untuk itu, Walikota HM Syahrial berharap dengan terbentuknya Satgas Pendapatan dan Penerapan Tapping Box ini diharapkan dapat membantu Wajib Pajak dalam menghitung omzetnya. Sehingga dengan adanya pencatatan omzet, pelaku usaha sebagai wajib pajak juga dapat menghitung dengan jelas besarnya pajak yang telah dipungut. “Kerja sama tim satgas penerimaan merupakan kunci keberhasilan pemerintah dalam memungut pajak daerah dan melanjutkan pembangunan di Kota Tanjungbalai, pungkas Walikota HM Syahrial.

Sementara itu, Asmui Rasyid Marpaung selaku pelaksana Kepala BPPKAD Kota Tanjungbalai menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan informasi kepada pelaku usaha terkait.

“Fokus penyampaian informasi ini kepada wajib pajak yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai yang sudah disampaikan kepada pengusaha terkait,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Walikota Tanjungbalai menyerahkan jaket satgas pendapatan kepada perwakilan tim satgas sebagai tanda diluncurkannya tim satgas pendapatan kota Tanjungbalai dan memberikan ucapan selamat kepada kota tanjungbalai.

Sosialisasi juga dihadiri oleh Wakil Walikota H Waris, Forkopimda Tanjungbalai sebagai bagian dari tim Satgas penerimaan, Kepala Bank Sumut Cabang Tanjungbalai, pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai, pengusaha hotel dan restoran serta undangan lainnya. (Ilham Gani)