Ngotot Gegara Eksepsi Ditolak Hakim, Rizieq Ungkit Saksi-saksi ke Jaksa

oleh -0 views

AKSES DISINI Mantan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab sempat mendesak jaksa atau jaksa dalam sidang putusan sela eksepsi Rizieq dalam kasus uji usap RS UMMI di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).

Rizieq sempat mendesak jaksa penuntut menyebutkan nama-nama saksi yang akan dihadirkan dalam agenda persidangan selanjutnya, yakni pemeriksaan saksi.

Semula, majelis hakim dalam putusan sela menyatakan menolak seluruh nota keberatan atau eksepsi Rizieq atas kasus uji usap RS UMMI. Majelis hakim kemudian memutuskan untuk melanjutkan persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi pada Rabu (14/4/2021).

Hakim kemudian menanyakan kepada jaksa berapa jumlah saksi yang akan dihadirkan dalam sidang pemeriksaan saksi tersebut. Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum Rizieq juga meminta jaksa menyebutkan jumlah dan nama saksi.

Baca juga:
Pernikahan Atta dan Aurel dijadikan senjata Rizieq Shihab di persidangan

Namun, jaksa ternyata enggan mengungkap nama-nama saksi yang akan dihadirkan nanti. Salah satunya karena komposisi saksi masih dalam tahap penyusunan.

“Kami berencana menghadirkan lima orang saksi. Namun, atas permintaan kuasa hukum untuk menyebutkan nama saksi yang akan dihadirkan pada sidang pekan depan, kami masih memikirkan komposisi saksi mana yang lebih tepat untuk membuktikan unsur pidana.” Saya tidak Belum mau menyebutkan nama-nama saksi yang akan diperiksa pekan depan, ”kata jaksa.

Mendengar hal tersebut, Rizieq pun merespon. Rizieq mengimbau jaksa menyebutkan nama saksi yang akan dihadirkan. Ini guna mempersiapkan tim hukum untuk menyusun strategi.

“Dalam persidangan lain, persoalan saksi ini bukan menjadi kendala. Dalam persidangan lain itu JPU langsung menyebut nama 10 saksi yang akan dihadirkan pada persidangan selanjutnya. Begitu kita minta nama dikasih begitu, di lain waktu. Persidangan kami perlu tahu nama-nama saksi agar lebih siap menghadapi sidang mendatang. Itu saja majelis hakim, ”kata Rizieq.

Majelis hakim kemudian memediasi perdebatan tersebut. Hakim mengatakan, jaksa yang hari ini bisa menyebutkan nama saksi bisa dimaklumi.

Baca juga:
Mengerikan! Habib Rizieq: Setengah Kaki Hakim di Surga dan Neraka

“Tapi untuk persidangan selanjutnya sebutkan nama-nama saksi dan nomornya,” kata hakim.