Naiknya Pungutan di Sekolah, Kepala SD dan SMP di Tangsel Akan Dirotasi

  • Bagikan
Naiknya Pungutan di Sekolah Kepala SD dan SMP di Tangsel

AKSES DISINI.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berencana merotasi sejumlah kepala sekolah, baik tingkat SD maupun SMP. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari banyaknya pengaduan yang diterima Inspektorat Kota Tangerang Selatan terkait retribusi yang terjadi di lingkup sekolah sepanjang tahun 2021.

“Karena itu (laporan), untuk kepala sekolah, kami ingin memutar rencana tersebut,” kata Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, Rabu, 12 Januari 2022.

Dia memperkirakan rotasi akan dilakukan dalam waktu dekat agar hal serupa segera tidak terjadi. “Insya Allah bulan ini. Ada (rotasi), kita perkuat lagi dan kencangkan lagi untuk kepala sekolah,” ujarnya.

Pilar menekankan pentingnya mengawasi guru atau stafnya agar tidak melakukan pungli. “Karena sekarang semuanya BOS (Bantuan Operasional Sekolah), jadi mau apa lagi kan?,” ujarnya.

Sementara itu, di sisi lain, ia juga meminta jajarannya untuk mempelajari setiap laporan yang diterima masyarakat, khususnya terkait dugaan pungutan liar.

“Pungutan ini harus kita dalami, kasusnya seperti apa. Kita juga harus tahu. Pemerasan ini laporan yang datang dari masyarakat. Jadi dari situ, kita akan melakukan penyelidikan. Apakah pemerasan ini melanggar hukum? aturan, atau memang ada kesalahpahaman,” jelasnya.

Jika memang benar terjadi dan melanggar aturan, kata Pilar, akan diambil tindakan tegas. “Sanksinya ada di bagian personalia. Yang paling berat sampai pemecatan. Dari yang paling ringan mungkin ada skorsing, atau yang paling berat adalah pemecatan. Kalau kasusnya serius,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan kasus dugaan pungutan liar yang terjadi di lingkungan sekolah mendominasi laporan yang diterima Inspektorat Kota Tangerang Selatan sepanjang tahun 2021. Laporan tersebut berasal dari masyarakat. Dalam setahun, Inspektorat menerima hingga delapan pengaduan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan