Monitoring Karantina Pertanian di Pelabuhan Merak Dievaluasi | AksesDisini.com | Banten Hari ini

  • Bagikan

CILEGON – Dalam rangka optimalisasi kinerja pengawasan dan pelayanan karantina di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kepala Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi melakukan evaluasi kinerja.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran struktural offline (off-network) dan seluruh petugas karantina online (in-network).

Hasil pekerjaan pengawasan dan pelayanan karantina di Pelabuhan Penyeberangan Merak menunjukkan adanya peningkatan Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14) dan (SP-5) pada Karantina Tumbuhan.

Dalam arahannya, Arum berpesan kepada petugas karantina untuk terus meningkatkan kinerja pengawasan dan pelayanan karantina khususnya di Pelabuhan Merak.

“Kinerja yang sudah baik ini harus terus ditingkatkan, ke depan akan ada operasi kepatuhan karantina rutin,” jelasnya, Minggu (1/7/2021) melalui keterangan tertulis.

Operasi kepatuhan disebutkan untuk meningkatkan kepatuhan publik terhadap undang-undang karantina. Serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melaporkan hewan dan turunannya serta tumbuhan dan turunannya sesuai amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2021.

“Petugas karantina yang bertugas di Pos Pengamatan Pelabuhan Merak harus berkoordinasi dan terus meningkatkan sinergi dengan instansi terkait,” tambah Arum.

Untuk mendukung kinerja karantina di pelabuhan, pihak pengelola Karantina Pertanian Cilegon akan segera melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti penambahan komputer, jaringan internet dan lain sebagainya.

(Merah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan