Modal Wirausaha Ringan, Peluang Untung Menjanjikan Akses Disini

oleh -3 views


Modal Wirausaha – Bisnis dropshipping yang menjamur di Indonesia beberapa tahun terakhir ini dikenal sebagai salah satu peluang bisnis yang mengandalkan modal wirausaha ringan. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan bisnis dropship merupakan model bisnis yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan model bisnis pada umumnya. Padahal, ini adalah pekerjaan yang sangat cocok bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan utama dan ingin menambah penghasilan sampingan, namun tidak mau repot membagi waktu atau stok barang di rumah.

Apa itu dropship?

Kenali apa itu dropship
Sumber: Artem Beliakin di Unsplash

Bisnis dropshipping merupakan kegiatan menjual produk yang mengandalkan barang dari supplier. Jadi, pemilik bisnis dropshipping tidak harus memproduksi sendiri atau bahkan memiliki stok barang setiap saat.

Meski sekilas peran seorang dropshipper hampir mirip resellerYang artinya menjual barang dari pemasok ke pembeli. Namun, ada perbedaan mendasar antara reseller dan dropshipper.

Salah satunya yaitu reseller harus membeli barang sebagai stok dalam jumlah yang lebih banyak dari supplier. Hal ini dilakukan agar harga barang yang didapat bersaing sehingga selisih harga beli dan harga jual semakin besar.

Sedangkan sistem Dropshipping tidak perlu memiliki stok barang dan hanya berfokus pada pencarian konsumen. Selain itu, dropshippers dapat menentukan harga jual yang berbeda dari pemasok. Jadi, perbedaan harga merupakan keuntungan bagi dropshippers.

Jika Anda masih pemula dalam mengenal bisnis dropshipping dan mulai tertarik untuk mencobanya, simak artikel Mebiso tentang panduan bisnis dropshipping, OK!

Lalu, bagaimana dengan bisnis dropshipping internasional?

Tidak jauh berbeda dengan bisnis dropshipping domestik atau domestik, dropshipping internasional hanya mengandalkan barang yang dijual dari supplier. Bedanya, dropshipping internasional lebih fokus mengandalkan pemasok dari luar negeri.

Penjual atau dropshipper tidak perlu memiliki stok barang setiap saat, karena seller hanya perlu meneruskan pesanan ke distributor / supplier internasional. Kemudian langkah selanjutnya, pemasok akan mengirimkan barang tersebut ke pembeli dengan menggunakan nama penjual.

Di sisi lain, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari bisnis dropshipping. Salah satunya adalah kurangnya modal bagi Anda untuk memulai bisnis. Karena Anda tidak harus ditimbun sepanjang waktu.

Anda juga tidak perlu repot dengan produksi, kontrol kualitas, atau bahkan mengurus proses pengepakan dan pengiriman. Karena semua hal ini menjadi tanggung jawab supplier Anda.

Selain itu, keuntungan menjalankan bisnis dropshipping internasional adalah ragam produknya cenderung tidak terbatas jika dibandingkan dengan bisnis dropshipping lokal. Pasalnya, sebagian besar produk yang diimpor dari supplier asal China atau negara lain di luar Indonesia tersedia secara lengkap, lengkap dan unik. Jadi, hal itu cukup langka di Indonesia.

Meski modal wirausaha Anda kecil, lakukan ini sebelum memulai dropship internasional

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis dropshipping internasional
Sumber: Bunglon Hijau di Unsplash

Seperti halnya model bisnis biasa, memulai bisnis dropshipping membutuhkan strategi yang tepat. Intinya, agar Anda bisa membangun bisnis yang aman dan terpercaya baik untuk konsumen maupun untuk diri Anda sendiri.

Mulailah memperbanyak riset sebelum menentukan jenis produk yang ingin dijual, lebih baik utamakan produk yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan target pasar yang ingin dibidik. Baik dari segi usia, jenis kelamin, pendapatan dan gaya hidup. Karena hal-hal inilah yang menentukan kebiasaan berbelanja konsumen.

Lanjutkan juga dengan menggunakan media sosial dan situs web untuk mencari konsumen sasaran dan memasarkan produk. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website atau jasa digital marketer untuk membantu memasarkan produk secara lebih masif.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam bisnis dropshipping internasional adalah penentuan supplier. Pastikan Anda mengetahui reputasi pemasok dari peringkat toko, ulasan di pasar, dan media sosial.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas, variasi, dan harga produk yang dijual oleh supplier. Serta opsi pembayaran dan layanan pengiriman yang digunakan oleh pemasok. Karena perlu Anda ingat, hubungan Anda dengan supplier adalah salah satu kunci terpenting dalam membangun bisnis dropshipping internasional.

Setelah mengenal bisnis dropshipping internasional, semoga semakin memahami bahwa siapapun bisa memulai bisnisnya sendiri. Padahal, dengan modal wirausaha itu tidak memberatkan. Jadi tunggu apalagi? Mulailah bisnis Anda mulai sekarang!

Baca juga: