Suara.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, terdapat potensi wisata di Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata olah raga air.

Saat berkunjung ke Pantai Lampuuk, Minggu (2/5/2021), Sandiaga menilai kegiatan wisata olahraga seperti triathlon, selancar, dan renang di perairan terbuka cocok dikembangkan di lokasi tersebut.

“Jadi nanti berenang di sini kemudian bersepeda di beberapa daerah di Aceh Besar dan ditutup dengan lari maraton yang dikemas dengan kerangka protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Senin. 3/4 / 2021).

Menurut Sandiaga Uno, renang air terbuka dan triathlon bisa menjadi potensi wisata yang dikembangkan di Lampuuk karena memiliki garis pantai yang panjang dan garis pantai yang panjang, mencapai 1-2 kilometer dari bibir pantai hingga ke tengah laut.

Baca juga:
Wisata boleh, tapi mudik dilarang, begini penjelasan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga

“Jadi, ini akan disurvei potensi penerapan open water swimming untuk jarak jauh di sini,” imbuhnya.

Selain wisata olah raga, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, Lampuuk juga berpotensi menjadi wisata sejarah dan religi. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan Masjid Rahmatullah yang pada saat tsunami 2004 masih berdiri kokoh.

Kemenparekraf bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh dan pihak lain untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang seperti pembangunan mushola di Lampuuk.

“Ini bagian dari wisata religi dengan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan yaitu menghadirkan tempat ibadah wisata agar ibadah kita tidak tinggal saat berwisata,” kata Sandiaga.

Selain industri pariwisata, Sandiaga juga mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif di Pantai Lampuuk. Menurutnya, banyak sekali potensi kuliner seafood yang diminati wisatawan.

Baca juga:
Curhat di Sandiaga Uno Selama Empat Bulan Jadi Menteri Pariwisata di Tengah Pandemi

“Di sini ada potensi kuliner yang enak. Kita tinggal membantu penataannya ke depan agar ekonomi kerakyatan cepat pulih,” ucapnya.

(function() (window._fbq = []);
if (!_fbq.loaded)
var fbds = document.createElement(‘script’);
fbds.async = true;
fbds.src=”https://connect.facebook.net/en_US/fbds.js”;
var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0];
s.parentNode.insertBefore(fbds, s);
_fbq.loaded = true;

)();
window._fbq = window._fbq || [];
window._fbq.push([‘track’, ‘6034302946714’, ‘value’:’0.00′,’currency’:’USD’]);

Tinggalkan Balasan