Menkes Menyesal Lebih Dari Tiga Ribu Orang Positif Covid-19 Masih Bepergian

  • Bagikan

Akses Disini, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan lebih dari tiga ribu orang yang positif Covid-19 terdeteksi di aplikasi PeduliLindung, dan tidak mengisolasi diri.

“Kita lihat, secara mengejutkan masih ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam berarti positif Covid tapi masih bepergian,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Dari jumlah tersebut, 3.161 orang terdeteksi melakukan check-in saat hendak memasuki mal atau pusat perbelanjaan. Sedangkan 348 orang lainnya terdeteksi saat memasuki pabrik industri.

“43 orang masih masuk bandara, 63 orang masih naik kereta, 55 orang masih masuk restoran. Meskipun orang-orang ini telah diidentifikasi positif Covid, mereka harus tinggal di rumah atau dalam isolasi terpusat, ”katanya.


teks alternatif

Jika seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 dan aplikasi PeduliLindung terdeteksi, pihaknya akan langsung menjemputnya. Selanjutnya pastikan mereka melakukan isolasi.

“Dengan begitu kita bisa melacak mereka dan memastikan kita segera membawa mereka untuk isolasi kita,” katanya.

Pemerintah telah memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindung untuk pemeriksaan kesehatan selama pandemi Covid-19 ke sejumlah sektor atau tempat. Pelaksanaannya bertepatan dengan perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali mulai 7-13 September 2021.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM. Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Dalam Mendagri disebutkan bahwa sektor-sektor penting yang terkait dengan industri berorientasi ekspor dan pendukungnya harus menggunakan aplikasi PeduliLindung untuk pengaturan masuk dan keluar.

Sarana olahraga juga diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindung untuk menyaring pengunjung. Dalam pelaksanaan kompetisi sepak bola Liga 1, seluruh pemain, ofisial, awak media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindung untuk menyaring orang-orang yang keluar masuk tempat pertandingan dan latihan.

Fasilitas umum seperti tempat umum, taman umum, tempat wisata umum dan tempat umum lainnya, serta kegiatan seni, budaya, olahraga, dan sosial yang telah diizinkan beroperasi dengan pembatasan protokol kesehatan harus menggunakan aplikasi PeduliLindung. Termasuk pelaksanaan kegiatan makan atau minum di tempat umum wajib menggunakan aplikasi PeduliLindung.

Penulis: Tio

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan