Mengurangi Pengiriman Limbah Tangsel – aksesdisini.com

  • Bagikan
1642012853 Mengurangi Pengiriman Limbah Tangsel – aksesdisinicom

Diusulkan Menjadi 280 Ton Per Hari

SERANG-Volume pengiriman sampah dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke TPAS Cilowong direncanakan turun menjadi 280 ton per hari dari 400 ton per hari. Usulan ini terungkap saat Pemkot Serang mengevaluasi kerja sama pengelolaan sampah dengan Pemkot Tangerang Selatan.

Diketahui sejak 1 Januari 2022, TPAS Cilowong tidak lagi menerima sampah dari kawasan Kota Tangsel. Kini, Pemerintah Kota Serang melalui Tim Kerja Sama Daerah (TKSD) sedang mengevaluasi kerja sama tersebut. Pengiriman dilakukan kembali setelah evaluasi selesai dan penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) kembali antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang dan DLH Kota Tangerang Selatan.

Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Kota Serang Farach Richi mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah memberikan gambaran pengurangan volume sampah yang dikirim ke TPAS Cilowong. “Tangsel sendiri mengatakan akan ada pengurangan volume sampah dari 400 ton menjadi 280 ton per hari,” katanya kepada wartawan, Selasa (11/1).

Farach mengatakan, jika terjadi pengurangan, otomatis akan berdampak pada retribusi yang diterima Pemkor Serang. Untuk itu, pihaknya belum bisa mengambil keputusan terkait kelanjutan kerja sama tersebut. “Usulan itu belum resmi. Namun, kami juga menunggu penjelasan dari Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Selatan,” katanya.

“Apakah penurunan tonase karena tempat pembuangan lain, saya tidak tahu. Yang jelas bisa ditanyakan ke Pemkot Tangerang Selatan,” imbuh Farach.

Saat ini, kelanjutan kerjasama tersebut masih dalam tahap evaluasi. DLH akan kembali melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk usulan dari DLH Pemkot Tangerang Selatan. “Jadi ini kita kaji dari berbagai aspek, pertama aspek sosial, aspek hukum dan ini juga sudah kami sampaikan ke TKSD,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan