Adalah normal jika Macbook melakukan boot secara otomatis saat layar dibuka. Perlu diketahui, mulai 2016 Apple secara default sudah menghadirkan fitur auto waking saat membuka tutupnya. Baik itu di macbook air 2018 ke atas atau macbook pro 2016 ke atas. Apple mengklaim dengan adanya fitur auto-turn akan memudahkan pengguna untuk lebih produktif.

Seperti yang kita ketahui, pada seri Macbook terbaru tombol power diganti dengan sensor sentuh ID sentuh yang juga bisa ditekan. Mungkin fitur auto turn juga berfungsi agar tombol touch id jarang ditekan biar lebih awet alias awet.

Cara Kerja Fitur Nyala Otomatis di Mac

sensor engsel macbook
sumber: ifixit

Pada produk Macbook terbaru, engselnya dilengkapi dengan sensor khusus yang dapat mengenali kemiringan engsel saat dibuka. Sensor sudut tutup (LAS) ini juga memiliki fungsi lain selain untuk menyalakan, misalnya pengaturan saat mac masuk ke mode tidur dan hibernasi.

Selain sensor LAS, macbook juga sensitif terhadap magnet. Saya terkesima saat membeli sleeve case yang memiliki penutup magnet. Heran kenapa

Macbook air M1 saya kadang-kadang menyala sendiri dengan sinyal suara boot macbook yang khas ketika selongsong dimasukkan, meskipun mac baru saja mati dan layar ditutup. Setelah diselidiki, ternyata magnet di sleve memacu sensor untuk menyalakan sistem. Jadi saran saya buat anda yang ingin membeli case atau tas macbook jangan memilih produk yang dilengkapi magnet karena bisa bikin sensor tutup macbook error.

Jika Anda membuat alas, maka selongsong macbook yang memiliki magnet dapat membuat layar mati dengan sendirinya atau masuk ke mode tidur tanpa menyentuhnya. Tentu hal ini akan sangat mengganggu kita dalam bekerja.

Cara mematikan fitur Auto Turn On di Macbook

Untuk mematikan fitur auto boot pada macbook caranya cukup mudah …

  • Pertama, buka aplikasi terminal
  • Kemudian ketikkan perintah berikut
sudo nvram AutoBoot=%00
  • Klik enter lalu masukkan kata sandi login macbook lalu
  • Mulai ulang macbook Anda. Sekarang fitur auto boot sudah dimatikan.

Untuk mengaktifkannya kembali, cukup lakukan hal yang sama dengan perintah

sudo nvram AutoBoot=%03

Itu cara mudah untuk mematikan fitur auto boot. Sekarang Anda harus menekan tombol id sentuh jika Anda ingin menyalakan perangkat Mac Anda. Cara ini berhasil saya lakukan pada 2016 macbook pro 16 ″.

Perhatian! Pastikan Anda mencadangkan semua data sebelum mengikuti tutorial ini. Ini akan mengubah konfigurasi sistem yang dapat menyebabkan kesalahan.

Lakukan dengan resiko Anda sendiri!

Selain itu, faktor yang dapat menyebabkan mac menyala dengan sendirinya adalah pengaturan jadwal aktif. Untuk mematikannya, Anda bisa mengikuti cara berikut

  • Masuk ke Preferensi Sistem> Penghemat Energi
  • Kemudian matikan semua centang
  • Pastikan Anda juga menonaktifkan fitur tersebut Mulai atau bangun dan jadwalkan waktu tidur, mulai ulang, atau matikan untuk mac Anda

Pertanyaan yang sering diajukan

Mengapa macbook mati sendiri (tidur)

Ada beberapa faktor penyebabnya antara lain

  • Pengaruh magnet mengganggu tutup sensor
  • Baterai jatuh
  • Overheat (panas)
  • Sistem crash
  • Mac OS
  • Ada masalah perangkat keras

Silakan periksa hal-hal di atas. Jika Anda tidak mengerti, Anda dapat mengunjungi Pusat Servis Apple resmi.

Macbook sering reboot dan restart sendiri berulang kali

Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa jadi software atau hardware. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengatur ulang SMC PRAM dan VVRAM. Jalan

Setel ulang SMC: matikan macbook> tekan tombol power selama 5 detik

Setel ulang PRAM / NVRAM: matikan macbook> tekan tombol Command + Option + P + R secara bersamaan hingga macbook restart secara otomatis

cara mengatur ulang nvram mac

Baiklah, coba lagi. Biasanya error tersebut akan hilang. Namun jika masih error, silahkan install ulang Mac OS atau bawa ke service center.

Layar kosong macbook berwarna hitam saat dinyalakan

Cukup tekan dan tahan tombol daya selama 10 detik

Macbook tidak mau boot dan berbunyi bip

Jika berbunyi bip sekali dalam jangka waktu 5 detik, penyebabnya RAM error karena tidak terdeteksi, coba periksa lagi apakah sudah terpasang dengan benar? Pastikan juga ram dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

Jika berbunyi bip tiga kali dalam 5 detik, ada masalah RAM atau perangkat keras.

Dan jika terdengar bip kali tidak lama, pendek dan panjang. Ini adalah masalah firmware. Lakukan saja pemulihan dan pemulihan.

Lampu indikator pengisi daya Magsafe tidak menyala

Penyebabnya biasanya

  • Port magsafe / charger terbakar
  • Port tidak terhubung dengan benar (terhalang oleh kotoran)
  • Kabelnya putus
  • IC power kena
  • Magsafe rusak

Kesimpulan

Sekian artikel tentang cara mematikan fitur auto boot pada perangkat macbook. Sebenarnya fitur ini merupakan fitur revolusioner dan dapat mempermudah pekerjaan kita. Namun terkadang fitur ini mengganggu bagi kita yang sering membuka laptop dan tidak ingin menyalakannya.

Pastikan juga tidak ada medan magnet di sekitar macbook karena dapat memacu sistem untuk boot atau tidur. Selain itu, pengaturan schedule dan wake pada LAN pada pengaturan energi juga bisa menjadi penyebabnya.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan atau ditanyakan, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah …

Bagikan jika Anda suka!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

don't worry
be happy.

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin