Mari Mengenal Tekanan Freon AC Mobil

  • Bagikan
Yuk Kenali Tekanan Freon AC Mobil

Freon atau disebut juga dengan refrigerant merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendingin ruangan. Tidak hanya untuk AC rumah, AC mobil juga membutuhkan freon.

Pada saat pengisian, tekanan freon AC mobil harus diperhatikan. Oleh karena itu pengisian freon ini tidak bisa dilakukan sendiri. Anda membutuhkan teknisi yang berpengalaman agar tekanan hingga proses berjalan lancar.

Sebagai pemilik kendaraan pasti tahu berapa tekanan freon yang dibutuhkan dan dampak yang ditimbulkan jika salah tekanan.

Mengenal Freon AC Mobil

Kenyamanan kabin mobil kini cukup bergantung pada suhu udara dingin yang dihasilkan oleh AC. Apalagi pada siang hari dalam cuaca panas, suhu di dalam kabin akan lebih panas. Membuka jendela saja tidak cukup untuk mendinginkan kabin.

AC dapat bekerja berkat adanya freon yang merupakan refrigeran cair yang berfungsi mengubah udara panas menjadi lebih dingin setelah diserap oleh evaporator. Dengan begitu udara yang dihembuskan oleh kompresor akan terasa lebih sejuk.

Hanya saja freon ada masa pakainya, saat udara sudah mulai panas maka diperlukan penggantian freon. Pada saat pengisian inilah tekanan freon AC mobil harus diperhatikan.

Tujuannya agar sistem AC lebih awet begitu juga dengan mesin mobil. Anda dapat mengidentifikasi tekanan freon untuk AC mobil sebagai berikut.

Berapa Tekanan Freon AC Mobil yang Ideal?

Tekanan yang dibutuhkan saat pengisian freon AC harus tepat, tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Tentang berapa besar tekanan ada batas rendah dan batas tinggi yang digunakan oleh semua teknisi AC yaitu :

  • Tekanan rendah, membutuhkan tekanan 15 – 30 psi.
  • Tekanan tinggi, membutuhkan tekanan 160 – 250 psi.

Tak heran setiap teknisi akan memiliki alat pengukur tekanan freon AC mobil saat pengisian yang selalu digunakan. Tanpa alat ini, teknisi tidak dapat mengetahui berapa banyak tekanan yang diterapkan.

Jika tekanan yang diberikan salah, misalnya terlalu tinggi, maka akan ada beberapa efek buruk. Dampak ini tentu akan mengganggu Anda saat mengendarai mobil dan menggunakan AC.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: