Mantan Ketua KONI Tangerang Selatan Digugat 1,5 Tahun – aksesdisini.com

  • Bagikan
Mantan Ketua KONI Tangerang Selatan Digugat 15 Tahun – aksesdisinicom

SERANG-Rita Juwita divonis satu tahun enam bulan (1,5 tahun) penjara di Pengadilan Tipikor Serang, Kamis (13/1). Mantan Ketua KONI Kota Tangerang Selatan ini divonis bersalah melakukan korupsi dana hibah senilai Rp. 7,8 miliar.

Selain pidana penjara, Rita diharuskan membayar ganti rugi sebesar Rp. 736 juta dan denda Rp. 100 juta, subsidi tiga bulan penjara. “(Uang pengganti) itu sudah disetor sebagian dengan uang yang disetor ke kejaksaan sebesar Rp600 juta,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan, Puguh Raditya.

Mantan bendahara KONI Tangerang Selatan, Suharyo, juga divonis 1,5 tahun penjara. Suharyo juga diharuskan membayar biaya penggantian sebesar Rp386,537 juta dikurangi Rp250 juta yang telah disetorkan ke kejaksaan. “Jika uang pengganti tidak dibayarkan, maka akan diganti dengan hukuman penjara sembilan bulan,” kata jaksa penuntut umum.

Perbuatan kedua terdakwa telah memenuhi unsur Pasal 3 sudah Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sudah Pasal 55 ayat (1) KUHP ke-1. “Seperti dalam dakwaan subsider,” kata Jaksa Penuntut Umum.

Tuntutan pidana didasarkan pada pertimbangan yang memberatkan dan meringankan. Yang memberatkan, keduanya merugikan keuangan negara, tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Sedangkan yang meringankan, kedua terdakwa tidak pernah dipidana dan telah menyetorkan uang pengganti kerugian keuangan negara.

Dijelaskan JPU sebelumnya, kasus dugaan korupsi itu bermula pada 1 Februari 2019. KONI Tangsel ditetapkan sebagai penerima hibah sebesar Rp7,8 miliar. Usai menerima dana hibah di rekening KONI Tangerang Selatan, Rita dan Suharyo mencairkan dana hibah untuk 19 kegiatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan