Manfaatkan Sampah Plastik, Sembari Menjaga Lingkungan – aksesdisini.com

  • Bagikan
Samidjan Mangun Darsono, Seniman Pembuat Wayang: Manfaatkan Limbah Plastik, Sekaligus Lestarikan Lingkungan

Kecintaannya pada seni wayang dan upaya peduli lingkungan mendorong Samidjan untuk membuat wayang sampah dari bahan plastik bekas. Karya ini menjadikannya sosok yang menginspirasi dan mendapat penghargaan Kalpataru Tingkat DIY dalam kategori Pelopor Lingkungan Tahun 2018.

Kota Yogyakarta kaya akan tradisi dan produk kerajinan tradisional wayang kulit yang biasa digunakan untuk pertunjukan wayang kulit. Selain itu, wayang kulit juga menjadi oleh-oleh atau cinderamata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak hanya wayang kulit, kini juga dikenal jenis wayang lain sesuai dengan pertunjukannya, seperti wayang beber, wayang klithik, wayang suket, wayang golek, dan lain-lain. Dalam perkembangan selanjutnya, muncul boneka sampah. Disebut wayang sampah karena terbuat dari bahan yang sudah tidak terpakai alias sampah.

Pembuatnya adalah Samidjan Mangun Darsono, warga Karangwaru Lor TR 2 No 83 Kota Yogyakarta, DIY. Awalnya ia membuat boneka limbah dari trial and error pada tahun 2001.

Samidjan, demikian ia sering disapa, sebelumnya telah membuat berbagai jenis wayang dengan bahan yang berbeda, seperti kardus dan seng. Ide membuat boneka plastik lahir ketika istrinya membawa pulang map plastik bekas dari kantor.

“Saya buat wayang untuk cucu. Kenapa lentur, tidak mudah pecah. Tidak seperti karton, lebih awet, lebih keras, tidak mudah sobek,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan