Lima Hal Yang Perlu Diperhatikan Dompet Anda Sebelum Membeli Mobil Bekas

  • Bagikan


Lima Hal Yang Perlu Diperhatikan Dompet Anda Sebelum Membeli Mobil Bekas

JAKARTA – Di tengah pandemi saat ini, masyarakat dituntut lebih cerdas dalam mengelola sisi keuangan. Alokasi anggaran perlu dipertimbangkan secara matang untuk memastikan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan. Salah satu pilihan pengelolaan keuangan di masa pandemi adalah kecenderungan masyarakat memilih kendaraan bekas untuk mobilitas sehari-hari.

Hal ini lumrah karena sebagian orang mungkin menganggap membeli mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari tentu lebih menguntungkan karena merupakan solusi memiliki mobil dengan dana terbatas. Selain itu, perlu diingat bahwa meskipun dapat menghemat biaya, ada sejumlah tantangan saat membeli mobil bekas.

Berikut lima tips yang dibagikan oleh Aulia Akbar, seorang financial planner dan Financial Educator Lifepal.

  • Temukan kendaraan yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda

Sangat penting untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan operasional harian Anda, dan tentunya sesuai dengan alokasi anggaran Anda.

Misalnya kita punya dua pilihan, yaitu mobil merek A dan merek B. Harga mobil A lebih mahal dari mobil B karena transmisinya otomatis. Sementara di satu sisi alokasi anggaran lebih condong ke mobil B. Oleh karena itu, penting untuk bertanya pada diri sendiri dan membandingkan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh sederhana, jika misalnya jarak tempuh harian tidak terlalu jauh dan penggunaan kendaraan tidak terlalu tinggi, tentu kita bisa mempertimbangkan untuk mengambil mobil B dengan transmisi manual.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan