Kunjungi Lokasi Bencana, Risma Mendarat di Bandara Fransiscus Xaverius Seda

oleh -0 views

AKSES DISINI – Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendarat mulus di Bandara Fransiscus Xaverius Seda, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini merupakan perjalanan dinas kedua Mensos di kawasan timur Indonesia yang saat ini dilanda banjir bandang dan longsor.

“Kunjungan ini, saya ingin memastikan kebutuhan warga yang belum tersentuh bantuan terpenuhi dan mengajak masyarakat serta dunia usaha untuk membantu warga terdampak bencana,” ujarnya, NTT, Kamis (8/4 / 2021).

Senin dan Selasa sebelumnya, Menteri Sosial bertemu dan menyapa para korban bencana di Nusa Tenggara Barat dan NTT. Amukan angin topan Seroja menyebabkan banjir dan longsor di kedua wilayah tersebut dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah, baik material maupun non-material.

Kali ini, Mensos menyempatkan diri sejumlah titik kunjugan untuk memastikan masyarakat mendapat bantuan. Menteri Sosial akan kembali ke Pulau Adonara, kemudian ke Pulau Alokasi, dan ke Sumba Timur.

Baca juga:
Banjir Bandang di Bima, Kemensos Kirim Bantuan Logistik Dalam Beberapa Tahapan

Dari kunjungannya Senin dan Selasa kemarin, Menteri Sosial mencatat kesiapan Taruna Siaga Bencana (Tagana) cukup baik. Namun, karena peralatan terbatas, makanan yang disiapkan untuk pengungsi pun tidak beragam.

“Ini karena kompor gasnya tidak ada, jadi lama masaknya. Nanti kita bawa kompor gasnya. Selain itu bawa juga tempe kering, orek tempe, serta obat-obatan. Kami juga sedang mengerjakan pada alat berat, ”ujarnya.

Risma memahami harapan bantuan akan datang dengan cepat. Prinsipnya, kata Mensos, bantuan dari Kementerian Sosial sudah siap disalurkan. Hanya saja karena bencana membuat akses transportasi terkendala cuaca, terputusnya akses jalan raya juga menjadi tantangan tersendiri.

“Misalnya kemarin ada bantuan dari Maumere, mau nyebrang ke Odonara. Tapi karena cuaca kurang bagus, saya tidak bisa. Tapi buat saya kemarin, saya paksakan,” ucapnya.

Bantuan dari Kementerian Sosial diterbangkan ke lokasi bencana dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI.

Baca juga:
Kemensos Pastikan Masyarakat Tetap Terima Bantuan, Meski BST Berakhir Pada April

“Ini bantuan dari Panglima TNI. Bentuk sinergi antar instansi,” ucapnya.