Kumpulan Tanaman Hias Ini Bisa Membersihkan Udara di Rumah – Aksesdisini.com

  • Bagikan

TEBET, AKSES DISINI — Tanaman hias memang sedang ramai diperbincangkan karena merupakan hobi yang unik untuk dilakukan. Selain itu dengan menanam tanaman hias dapat membuka peluang bisnis karena harganya yang sekarang meroket. Tidak bisa dipungkiri bahwa tanaman merupakan salah satu komponen yang selalu ada di setiap rumah.

Kehadiran tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya membuat rumah terlihat rapi, tetapi juga membawa nuansa positif dan menciptakan aura kehidupan, ini adalah fakta yang dialami oleh para pecinta tanaman. Selain itu, manfaat lain dari tanaman hias juga berfungsi untuk membersihkan udara, lho.

Namun perlu diperhatikan, karena tidak semua tanaman hias dalam ruangan dapat disimpan di dalam ruangan karena beberapa berbahaya. Ini karena beberapa tanaman hias dapat menghasilkan karbon dioksida di malam hari. Oleh karena itu, disini kami akan berbagi informasi, tanaman apa saja yang bisa dikoleksi di dalam ruangan. Berikut daftarnya!

1. Lidah buaya

Siapa sangka, Aloe Vera atau yang sering dikenal dengan sebutan lidah buaya merupakan tanaman yang mudah ditemukan dan tidak membutuhkan perawatan khusus untuk perawatannya. Selain kemudahan itu, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat diantaranya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Namun tahukah Anda, selain digunakan dalam produk kecantikan, ternyata lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang ternyata ampuh untuk membersihkan udara. Berbeda dengan kebanyakan tanaman yang menghasilkan karbon dioksida pada malam hari, lidah buaya dapat menyerap karbon dioksida, karbon monoksida, monoksida, dan formaldehida.

2. Kaktus

Tanaman kaktus memang sangat populer di kalangan tanaman hias yang saat ini sedang hits. Dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaannya, kaktus memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Selain memiliki bentuk yang unik dan warna yang menarik, kaktus juga berpotensi untuk menghilangkan bakteri dan juga mengatasi radiasi lho.

Hal itulah yang membuat tanaman kaktus aman ketika harus ditempatkan di dalam ruangan. Selain itu, kaktus populer karena manfaatnya yang dapat membantu pernapasan dan membersihkan udara di dalam ruangan yang sangat baik untuk kesehatan. Sangat baik jika Anda meletakkan tanaman ini di kamar tidur Anda karena tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida di malam hari dan kemudian melepaskan oksigen.

3. Lidah mertua

Tanaman selanjutnya adalah sansevieria atau biasa disebut lidah mertua. Tanaman ini juga dijuluki sebagai tanaman ular bagi para kolektor tanaman hias dan menjadi salah satu tanaman hias yang paling digemari. Selain bentuknya yang bagus, alasan banyak orang mengoleksi tanaman ini adalah karena lidah mertua bisa tahan terhadap kondisi kekurangan air dan sinar matahari.

Lidah buaya juga sangat cocok ditanam di dalam ruangan lho. Tumbuhan hijau ini banyak digunakan untuk menyerap CO2 di dalam ruangan. Tak heran, lidah mertua juga sering digunakan untuk mereduksi senyawa beracun berbahaya di sebuah rumah produksi sehingga tidak bisa dihirup oleh karyawan. Bagaimana, tanaman ini memiliki segudang manfaat bukan?

4. Bebek Coco

Banyak yang meremehkan tanaman yang satu ini. Bebek cocor atau tumbuhan yang termasuk dalam kategori sukulen ini karena sering tumbuh subur di pekarangan atau teras rumah. Meski begitu, tanaman ini ternyata kaya akan manfaat lho. Tak heran jika sebagian besar ibu-ibu yang menyukai tanaman hias suka mengoleksi tanaman yang satu ini.

Jika ingin membudidayakannya, itik cocor sangat mudah perawatannya dan bisa ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Kebanyakan orang jika mereka menanamnya di dalam ruangan, mereka meletakkannya di dekat jendela. Alasannya karena tanaman ini membutuhkan kondisi yang relatif hangat dan paparan sinar matahari.

5. Tanaman Kupu-Kupu

Dengan nama lain Tanaman Oxalis, tanaman hias ungu ini banyak digunakan untuk meramaikan pekarangan rumah. Tanaman ini juga sangat digemari para pecinta bunga karena tidak rewel dan membutuhkan sedikit perawatan. Oxalis juga dikenal sangat produktif, tetapi tumbuh perlahan tetapi menyebar muda.

Tumbuhan yang didominasi warna ungu ini terkesan unik karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu. Keunikan lain yang dapat ditemukan pada tanaman ini adalah sifat bunganya yang fotofilik dan daunnya dapat membuka dan menutup saat terkena cahaya. Tanaman ini juga sangat baik ditempatkan di ruangan tertutup namun harus tetap mendapatkan cahaya yang baik. Dengan meletakkannya di dekat jendela, Anda juga bisa langsung melihat keindahannya di pagi hari saat bangun dari tidur.

Deretan tanaman hias di atas hanyalah sebagian kecil dari puluhan tanaman hias yang aman untuk ditempatkan di dalam ruangan atau ruangan tertutup. Anda juga bisa menggunakan tanaman yang hidup di air untuk menghasilkan oksigen bersih di dalam rumah. Saya harap informasi ini bermanfaat.

  • Bagikan