KRI Bimasuci Sambut Kapal Latih Spanyol dengan Tradisi Parade Roll

oleh -0 views

AKSES DISINI, SURABAYA – Kedatangan Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol Juan Sebastian Elcano di Laut Jawa ditandai dengan Parade Roll dan pemajangan Gita Jala Taruna Gendang yang dimainkan oleh 123 taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dari atas KRI Bima Dek Suci, Selasa (06/04).

Sebelumnya KRI Bima Suci yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Waluyo, SH, M.Tr. Hanla melakukan kontak identifikasi apakah benar kapal tersebut kapal latih Spanyol dan setelah teridentifikasi KRI Bima Suci melakukan Shadowing hingga titik yang ditentukan.

Para taruna dengan sigap naik dan menduduki posisinya masing-masing di tiang kapal KRI Bima Suci untuk menjalankan peran parade roll dan upeti kepada kapal Angkatan Laut Spanyol diiringi dengan Pajangan GS Gita Jala Taruna di geladak KRI Bima Suci dan keduanya. kapal yang memberi hormat di sisi kanan dan lambung kiri melanjutkan Peran Layar.

Di sela-sela kegiatan kata Panglima KRI Bima Suci. “KRI Bima Suci melakukan senam passing sampai titik yang ditentukan, kemudian Kapal Latihan Angkatan Laut Spanyol berangkat dari KRI Bima Suci menuju Jakarta, sedangkan KRI Bima Suci membawa taruna AAL kembali ke Surabaya,” ujarnya.

“Penyambutan Kapal Diklat Angkatan Laut Spanyol ini merupakan wujud diplomasi kedua negara, sekaligus pengenalan kepada taruna AAL tentang tradisi TNI AL di dunia, khususnya bagi taruna TK II yang akan segera melaksanakan KJK 2021, ” dia melanjutkan.

Letkol Waluyo berharap dengan kegiatan ini para taruna Tingkat II yang akan segera mengikuti praktek layar Kartika Jala Krida (KJK) sudah memiliki gambaran tentang tata cara dan tradisi penyambutan kapal asing atau tamu negara seperti ini.

Di tempat terpisah Laksamana Pangkoarmada II TNI I NG Sudih Wartawan berharap dengan adanya penyambutan ini, hubungan baik antara TNI AL dengan TNI AL semakin meningkat dan kunjungan ini dapat berjalan dengan baik. (Tya)